Ketua TP PKK Canangkan Program KB-KKBPK-K di Peringatan HKN

Ketua TP PKK satt mencanangkan Program KB-KKBPK-K di Peringatan HKN. (Foto:Welly/Humas dan Protokol Setda Kota Probolinggo)
image_pdfimage_print

KANIGARAN – Di tengah gebyar Hari Kesehatan Nasional ke-55, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Probolinggo Aminah Hadi Zainal Abidin mencanangkan program Keluarga Berencana – Kependudukan Keluarga Berencana Pembangunan Keluarga – Kesehatan. Pencanangan ini merupakan bentuk Tim Penggerak PKK menjadi bagian dari pendukung program pemerintah.

Keberhasilan pembangunan kesehatan Indonesia tidak lepas dari partisipasi aktif masyarakat dan swasta yang didukung oleh pemerintah. Salah satunya adalah peran PKK sebagai organisasi masyarakat, yang mempunyai peran memberdayakan keluarga untuk meningkatkan kesejahteraan menuju terwujudnya keluarga sejahtera melalui 10 program pokok PKK.

“Pembangunan keluarga tidak bisa lepas dari peran penting perempuan sebagai penggerak pembangunan. Dan, para perempuan Indonesia yang tergabung dalam gerakan PKK sebagai motor penggerak di posyandu, program KB serta program kesejahteraan di seluruh kelurahan,” jelas Aminah, dalam sambutannya.

Sedangkan kegiatan PKK-KKBPK-Kesehatan ini untuk mengetahuiu dan menyatukan pemahaman tentang peran sektor/lembaga terkait, meningkatkan peran serta pemerintah dan swasta tentang penerapan fungsi keluarga.

Pencanangan ini merupakan momentum meningkatkan kembali pentingnya keluarga sebagai tempat berkembangnya putra-putri menuju generasi yang berkualitas. “Sebagai momentum kita untuk bekerja secara sungguh-sungguh dalam upaya meningkatkan derajat kesejahteraan dan kesehatan keluarga. Serta menyukseskan program KB dan kesehatan,” terang Aminah lagi.

Diketahui, kegiatan PKK-KKBPK-Kesehatan ini merupakan suatu rangkaian kegiatan yang dilaksanakan secara terpadu oleh Tim Penggerak PKK bersama OPD terkait dan melibatkan seluruh komponen masyarakat baik formal maupun non formal.

Dalam pelaksanaannya, kegiatan ini menunjukkan nilai positif dan hasil yang nyata di tengah masyarakat serta mendapatkan pengakuan yang luas sebagai upaya bersama untuk meningkatkan kepedulian dan peran serta masyarakat.

“Dan yang pada akhirnya bertujuan pada tujuan pembangunan kesehatan yaitu meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, melalui pemberdayaan masyarakat, termasuk swasta dan masyarakat madani,” ujar istri Wali Kota Habib Hadi Zainal Abidin ini.

Pencanangan program PKK-KKBPK-Kesehatan diisi kegiatan sosialisasi lomba KB Kes, pelayanan screening kesehatan lansia dan pemasangan implan.(famydecta/humas)