Jelang Purna Tugas, Pegawai Dibekali Wawasan Kewirausahaan

image_pdfimage_print

 

Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) menggelar pembekalan terhadap lima puluh orang pegawai di lingkungan Pemerintah Kota Probolinggo yang akan memasuki purna tugas masa periode November-Maret 2018, Rabu (25/10), di Bentar Hall, Hotel Bromo View. 

Menurut Kepala BKPSDM Rachmadeta Antariksa, kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang dilakukan untuk memberikan bekal psikologis dan wawasan kewirausahaan kepada para pegawai yang akan purna tugas. “Hal tersebut untuk menyiapkan PNS purna tugas dengan wawasan dan motivasi diri untuk mengatasi post power syndrome,” katanya.

Wali Kota Probolinggo Rukmini pun mengatakan masa purna tugas terkadang tidak mudah dihadapi. “Maka dari itu, dengan persiapan-persiapan yang tepat, kita mampu meminimalisir adanya trauma post power syndrome,” kata wali kota. Dia juga mengatakan bahwa masa purna tugas tidak harus berhenti berkarya dan berinovasi. “Seperti ungkapan life begins at forty, yang bisa diinterpretasikan bahwa kesuksesan bisa diraih pada saat kita tidak muda lagi,” ujar Rukmini. 

Dia menyemangati para pegawai yang hadir untuk bisa berwirausaha agar tetap berkarya dan tidak hanya diam dalam masa pensiunnya. “Bisa menyulap rumahnya menjadi rumah produksi dengan membuka katering, membatik, pembuatan cemilan seperti rengginang, krupuk ikan atau juga bisa pembuatan souvenir atau ukiran yang bisa saja menjadi ciri khas Kota Probolinggo,” katanya. 

Pemkot telah berupaya memfasilitasi pemasaran para UKM dalam acara SPK (Semarak Pagi Kecamatan) ataupun MPS2 (Morning Panglima Sudirman Street). “Kota kita ini juga menjadi jujugan kapal pesiar yang tentunya itu juga menjadi ajang promosi produksi UKM kita,” lanjutnya.

Pembekalan ini digelar selama tiga hari, dan diisi dengan berbagai materi yakni motivasi psikologi, tips hidup sehat, wawasan kewirausahaan dan tips dan trik untuk memulai wirausaha dari narasumber yang kompeten dibidangnya. Selain materi, para peserta juga diajak mengunjungi UKM yang memproduksi rengginang dan Pokak (minuman khas Probolinggo) yang ada di Jalan Cokroaminoto. (hariyantia/humas)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.