Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kota Probolinggo Diah Kristanti Soufis Subri menerima penghargaan dari Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Hadi Sulistyo atas diraihnya juara dua menu lunch box unggulan Kota Probolinggo yakni Nasi Janis Koprol. (Foto:Rifki/Humas dan Protokol Setda Kota Probolinggo)
image_pdfimage_print

SURABAYA – Tak disangka, menu lunch box unggulan Kota Probolinggo jadi juara dua se-Jawa Timur. Nasi Janis Koprol alias Nasi Jagung Manis Kota Probolinggo ini berhasil menunjukkan keistimewaannya dari 37 menu dari kota/kabupaten yang ikut bersaing dalam Lomba Cipta Menu Lunch Box (B2SA) berbahan dasar produk lokal.

Pelaksanaan lomba ini digelar pada Peringatan Hari Pangan ke-39 Provinsi Jawa Timur tahun 2019, Selasa (19/11) di JX International Exibition, Surabaya. Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Kota Probolinggo Diah Kristanti Soufis Subri menerima penghargaan itu dari Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Hadi Sulistyo.

Nasi Janis Koprol mewakili Kota Probolinggo ke lomba di Jawa Timur setelah ia terpilih sebagai pemenang di tingkat kota. Menu ini masuk dalam kategori serealia. Yuni, warga Prasaja Mulia, adalah seorang kader PKK yang menemukan menu yang punya nama unik ini.

Sajian Nasi Janis Koprol bukan hanya nasi jagung saja. Menu ini lengkap dengan sayuran dan pelengkap gizi yang seimbang. Di dalam nasi jagung ditambah pipilan jagung manis dan bunga telang, bunga yang memiliki antioksidan dan baik dikonsumsi. Menu pendampingnya ada sate mangut, mecang (mendol kacang), sayur tong-tong (jantung pisang), sambel mattah dan buah.

“Kami mengangkat potensi lokal yang ada di Kota Probolinggo yaitu jagung. Nasi Janis Koprol ini sangat mudah membuatnya dan bahan-bahannya pun bisa didapati di sekitar lingkungan kita. Bunga telang itu bisa kita menanam sendiri. Selain untuk campuran nasi juga bisa dibuat minuman,” beber Yuni.

Foto bersama Ketua TP PKK dan Wakil Ketua TP PKK Kota Probolinggo dengan dengan para kader PKK yang membuat menu nasi janis koprol. (Foto:Rifki/Humas dan Protokol Setda Kota Probolinggo)

Sementara itu, Wakil Ketua Tim Penggerak PKK Diah Kristanti Soufis Subri mengaku bersyukur dengan prestasi pertama bagi kepengurusan PKK yang baru. Ia pun berterimakasih atas support Pemerintah Kota Probolinggo dalam hal ini Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan.

“Lunch box Nasi Janis Koprol ini memang punya kelebihan tersendiri. Karena menggunakan bunga telang yang punya khasiat yang luar biasa, bunga ini mengandung antioksidan,” ujar Diah Kristanti, yang mengatakan untuk menyempurnakan menu ini mereka melakukan gladi sampai tiga kali.

Setelah diakui keistimewaannya hingga tingkat Provinsi Jawa Timur, Nasi Janis Koprol diharapkan oleh Tim Penggerak PKK bisa masuk ke Pemerintah Kota Probolinggo. Maksudnya, setiap ada kegiatan konsumsinya bisa memesan Nasi Janis Koprol.

“Kami sudah sampaikan ke pokja 3, untuk memasarkan menu ini supaya semangat kader berkelanjutan. Kalau sampai dipesan, artinya perekonomian bergerak di tingkat kader. Dan, saya tekankan agar kemenangan ini wajib disyukuri dan menjadi penyemangat menjadi lebih baik lagi,” harap istri Wawali Kota Probolinggo Mochammad Soufis Subri. (famydecta/humas)