Wali Kota Rukmini TOP Leader on IT Leadership 2017

image_pdfimage_print

 

 

Satu lagi prestasi yang berhasil diukir oleh Wali Kota Probolinggo, Rukmini. Majalah Itech yang berkantor di Jakarta itu, menobatkan Rukmini sebagai TOP Leader on  IT Leadership 2017.  Penghargaan tersebut disampaikan Kepada Wali Kota oleh Menteri Sekretaris Negara Republik Indonesia, Prof. Pratikno pada acara TOP IT & TOP TELCO Award 2017.  Kegiatan tersebut berlangsung di Balai Kartini Jakarta Selatan, Selasa (31/10).

Plt. Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Probolinggo, Rey Suwigtyo mengungkapkan alasan dipilihnya Wali Kota Rukmini sebagai Top Leader on IT Leadership 2017. “ Bu Wali sangat mendukung kebijakan pengembangan IT di Pemerintah Kota Probolinggo. Bagaimana mengembangkan infrastruktur, dukungan dana pada APBD, penyediaan server, pembangunan command center, infrastruktur jaringan OPD dan Kelurahan, semuanya didukung penuh oleh Wali Kota. Tanpa kebijakan dukungan tersebut, sangat mustahil kita mampu mengembangkan IT di Kota Probolinggo. 

Wali Kota Rukmini dalam kesempatan itu juga menerima penghargaan untuk Pemerintah Kota Probolinggo. Pemerintah Kota Probolinggo meraih TOP IT Implementation on City Government 2017. Penghargaan tersebut diserahkan oleh Dirjen Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Samuel Abrijani Pangerapan. Penghargaan ini diraih karena tim juri menilai Pemerintah Kota Probolinggo mampu mengimplementasikan IT dalam pelaksanaan pemerintahannya. 

Menurut Rey, penghargaan itu karena IT di Kota Probolinggo berkembang dengan baik. “Kita punya puskesmas elektronik. Di bidang anggaran kita punya SIMRAL. Ada SIM RSUD, SIPADU online milik Perizinan serta implementasi lapor Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional (SP4N). Nanti akan terus kami kembangkan,” Ujar pria yang juga menjabat sebagai Asisten Administrasi Umum Setda Kota Probolinggo itu. 

Sesaat setelah menerima penghargaan, Wali Kota mengaku sangat bersyukur kebijakannya diapresiasi oleh majalah Itech. “Tentu ini patut disyukuri. Penghargaan ini untuk masyarakat Kota Probolinggo. Komitmen kami untuk mengembangkan IT semata-mata untuk mewujudkan e-government di Pemerintah Kota Probolinggo. Kedepan kita akan terus kembangkan IT agar pelayanan kita lebih luas, lebih cepat dan lebih transparan untuk masyarakat Kota Probolinggo,” Ujar Rukmini. 

Pratikno menyinggung soal perkembangan IT yang harus dikembangkan oleh Pemerintah. “Yang kami khawatirkan terkait perkembangan TI ini tidak hanya membawa perubahan yang radikal, tapi memporakporandakan tatanan kehidupan yang sudah baik. Terkait dengan Pemerintah, Pemerintah itu tidak mungkin ambruk. Hanya saja mungkin tidak lagi relevan. Untuk itu, mengembangkan IT adalah salah satu keniscayaan agar pemerintah mampu mengejar ketertinggalan dengan swasta,” ujar Mensesneg RI itu. (Humas Kota Probolinggo)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.