Wakl Wali Kota Soufis Subri didampingi oleh istri saat memberikan sambutan pada acara akti Sosial yang digelar di Kampung KB Bangkit Blok Jurang RT 2 RW 4, Kelurahan Kademangan, Kecamatan Kademangan. (Foto:Rifki/Humas dan Protokol Setda Kota Probolinggo)
image_pdfimage_print

KADEMANGAN – Bakti Sosial digelar di Kampung KB Bangkit Blok Jurang RT 2 RW 4, Kelurahan Kademangan, Kecamatan Kademangan, Kamis (21/11). Kegiatan sore itu meliputi pelayanan posyandu, pemeriksaan kesehatan/ posbindu, donor darah serta pemutaran film tentang kampung KB. Kegiatan bakti sosial ini mengusung tema ”Menebar Kasih dengan Ukhuwah Melalui Aksi Berbagi”.

Ketua Penyelenggara sekaligus selaku pembina kampung KB Bangkit Kelurahan Kademangan, Senja Susanti menjelaskan kampung KB merupakan  salah satu program yang dicanangkan oleh Bapak Presiden Jokowi. Kampung KB merupakan salah satu upaya pengembangan program kependudukan  dan keluarga berencana. Oleh karena itu, program pembentukan kampung KB ini merupakan program inovasi yang sangat strategis dan bersentuhan dengan  masyarakat.

Senja menceritakan pada tahun 2017, kampung KB Bangkit Kelurahan kademangan ini awalnya kampung KB blok jurang setingkat RW. Namun, pada tahun 2018 kampung KB Bangkit ini menjadi setingkat kelurahan dari RW 1 sampai dengan RW 7 Kelurahan Kademangan.

“Kegiatan ini bertujuan untuk memberdayakan dan memberikan kemudahan kepada masyarakat. Meningkatkan kualitas hidup keluarga dan masyarakat melalui program kependudukan keluarga berencana dan pembangunan keluarga. Serta memadukan konsep pembangunan terpadu didalam keluarga berencana dan keluarga sejahtera,”ujar Senja.

Kampung KB Bangkit sudah mempunyai banyak inovasi. Salah satunya membuat produk minuman sinom belimbing, susu jeruk, rengginang, kripik singkong, kripik tempe, dan manisan tomat. Kampung KB Bangkit ini merupakan satu-satunya kampung KB percontohan tingkat Kota Probolinggo. Kampung KB Bangkit ini bersama-sama warga  dan tim pokja sudah menciptakan inovasi yakni Gencil KKB (gerakan masyarakat cinta lingkungan ), Gadis Tani (gerakan pemuda pemudi santri  tunda nikah dini).

Ketua dan Wakil Ketua TP PKK Kota Probolinggo saat mengunjungi pelayanan  pemeriksaan kesehatan/ posbindu dan donor darah. (Foto:Rifki/Humas dan Protokol Setda Kota Probolinggo)

Wakil Wali Kota Muhammad Soufis Subri yang menghadiri kegiatan bakti sosial tersebut menjelaskan program KB ini merupakan program yang luar biasa dalam rangka mengatur jumlah penduduk yang berujung kesejahteraan keluarga.  Saat ini,  jumlah penduduk di Kota Probolinggo mencapai 238 ribu penduduk. Sedangkan jumlah penduduk di Kecamatan Kademangan mencapai 43 ribu penduduk.

Subri juga menjelaskan sebuah perkembangan penduduk yang harus kita pikirkan bersama-sama. Terkait jumlah penduduk, menurut Subri, tidak hanya membatasi tetapi lebih pada mengatur. “Karena program KB itu tidak berbicara dengan dua anak cukup saja. Jadi tidak hanya berbicara jumlah. Tetapi, bagaimana  kegiatan KB ini bisa mengispirasi ibu-ibu dan bapak-bapak untuk mewujudkan kesejahteraan keluarganya,” tegas wawali.

Sementara itu, Ketua PKK Kota Probolinggo, Aminah Hadi Zainal Abidin berharap keberadaan kampung KB ini bisa memberikan manfaat kepada masyarakat untuk memperoleh pelayanan program kependudukan keluarga berencana dan pembangunan keluarg sebagai upaya mewujudkan keluarga sejahtera yang  berkualitas.

“Saya mengucapkan terimakasih atas partisipasi  masyarakat yang luar biasa, dalam menyukseskan  kegiatan bakti sosial ini. Semoga kegiatan ini dapat meningkatkan  wawasan serta pengetahuan masyarakat Kota Probolinggo. Saya mengimbau kepada seluruh kader agar tetap semangat  dan aktif  dalam menyukseskan program-program Pemerintah Kota Probolinggo,” ujar Aminah.

Pada saat itu, juga dilaksanakan peresmian “Rumah Data Kampung KB” dengan pemotongan pita oleh Ketua TP PKK Aminah Hadi Zainal Abidin didampingi Wawali Subri, Camat Kademangan Pujo Agung Satrio, Wakil Ketua TP PKK Diah Kristanti Subri, Ketua TP PKK Kecamatan Kademangan Rani Yusticia Pujo AS. Panitia juga mengumumkan lomba mural dari RW 1 sampai RW 7, mereka mendapatkan tropi dan uang pembinaan. (noviati/humas)

Wawali, Ketua dan Wakil Ketua TP PKK Kota Probolinggo serta Camat Kademangan foto bersama dengan para kader kampung KB Bangkit Kelurahan Kademangan. (Foto:Rifki/Humas dan Protokol Setda Kota Probolinggo)