Habib Hadi menerima DIPA dari Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.(Foto:Agus/Humas dan Protokol Setda Kota Probolinggo)
image_pdfimage_print

SURABAYA – Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin menghadiri Rapat Koordinasi Provinsi Jawa Timur 2019 di Convention Hall – Grand City Surabaya, Jumat ( 22/11 ). Acara yang di helat oleh Pemerintah Provinsi Jawa Timur ini merupakan tindak lanjut dari acara Rakornas Forkopimda yang diadakan di Bogor beberapa waktu yang lalu, yang dibuka langsung oleh Presiden RI Joko Widodo.

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa berkesempatan menyerahkan DIPA ( Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran ) kepada kepala daerah se-Jawa Timur. Dalam sambutannya, Khofifah menyampaikan pesan dari Presiden bahwa DIPA yang sudah diterima tidak sekedar terkirim tapi sampai kepada penerima manfaat. Jangan hanya berhenti sampai di tingkat desa atau kelurahan. Diibaratkan kita mengirim pesan melalui aplikasi whatsapp, pastikan pesan nya tidak hanya terkirim (sent) tapi harus diterima (delivered).

Diperlukan kesamaan persepsi antara jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Tingkat Provinsi sampai dengan kecamatan serta unsur – unsur lainnya, terkait Lima Prioritas Pembangunan Nasional Menuju Indonesia Maju. Sehingga terbentuk komitmen untuk menguatkan sinergi antar jajaran Forkopimda Tingkat Propinsi sampai Kecamatan beserta unsur lainnya dalam menyukseskan tujuan tersebut. Adapun tema yang diangkat oleh gubernur jawa Timur adalah “ Menuju Indonesia Maju Dimulai dari Jawa Timur”.

Gubernur berharap 2 hal yang harus berubah di Jawa Timur pada tahun 2021, yang pertama adalah seluruh Jawa Timur teraliri listrik, karena per hari ini masih ada sekitar 253 ribu rumah belum teraliri listrik di Jawa Timur. Kedua adalah peningkatan kesehatan di Jawa Timur terkait jamban yang masih belum berbasis rumah tangga. Terkait hal ini sinergi antara pemerintah dan forkopimda sangatlah penting. Terkait program membangun rumah layak huni, jambanisasi, dan beberapa layanan kesehatan seperti operasi katarak secara gratis dan masih banyak lagi hal yang lainnya.

Pada kesempatan ini hadir juga Dirjen Otonomi Daerah yang mewakili Mendagri, Forum Pimpinan Daerah mulai dari tingkat Propinsi sampai dengan Tingkat Kecamatan. Ada sesi diskusi panel seputar pembangunan daerah di Jawa Timur yang di moderator oleh Wakil Gubernur Jawa Timur. Beberapa daerah diberi kesempatan untuk memaparkan program-programnya, sekaligus permasalahan yang ada di daerahnya sehingga semua yang hadir dapat memahami pemecahan masalah-masalah yang timbul di daerahnya. (DhoniHarto/humas)

Wali Kota Habib Hadi saat menghadiri Rapat Koordinasi Provinsi Jawa Timur 2019 di Convention Hall – Grand City Surabaya. (Foto:Agus/Humas dan Protokol Setda Kota Probolinggo)