Suasana saat berlangsungnya Bimtek Service Excellent bagi seluruh karyawan Dispendukcapil di Spencer Green Hotel Batu. (Foto:Rizal/Humas dan Protokol Setda Kota Probolinggo)
image_pdfimage_print

BATU – Untuk meningkatkan pelayanan terbaik bagi masyarakat, khususnya pelayanan adminstrasi penduduk dan pencatatan sipil bagi warga Kota Probolinggo. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) menggelar Bimtek Service Excellent bagi seluruh karyawan Dispendukcapil di Spencer Green Hotel Batu, Jumat (22/11). Kegiatan tersebut dibuka oleh Asisten Pemerintahan Gogol Sudjarwo yang mewakili Wali Kota Probolinggo Hadi Zainal Abidin.

“Tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan pengetahuan, sikap dan perilaku petugas dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Sebanyak 48 peserta mengikuti acara yang diikuti seluruh staf Dispendukcapil,” ucap Sekretaris Dispendukcapil Setiorini Sayekti dalam laporannya.

Kegiatan tersebut digelar selama 3 hari mulai tanggal 22-24 November, dengan narasumber dari Praktisi Pengembangan SDM PT Cipta Citra Consulting Surabaya.

Sementara itu, Asisten Pemerintahan Gogol Sudjarwo menyampaikan administrasi kependudukan sangat penting bagi warga negara khususnya warga Kota Probolinggo sebagai pemberian perlindungan, penentu status pribadi dan status hukum.

Asisten Pemerintahan Gogol Sudjarwo mewakili wali kota saat memberikan sambutan sekaligus membuka imtek Service Excellent bagi seluruh karyawan Dispendukcapil di Spencer Green Hotel Batu. (Foto:Rizal/Humas dan Protokol Setda Kota Probolinggo)

Saat ini cakupan KTP Eelektronik di Kota Probolinggo telah mencapai 93,58 persen, sedangkan cakupan akte kelahiran telah mencapai 94,12 persen. Hal tersebut sudah  melebihi target nasional sebesar 85 persen.

“Meskipun sudah melampaui target kita harus tetap meningkatkan cakupan pelayanan seiring dengan dinamika kependudukan yang terjadi. Salah satunya dengan cara semakin mendekatkan pelayanan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil kepada masyarakat,” kata Gogol Sudjarwo.

Sesuai arahan dari wali kota,  Gogol Sudjarwo menyampaikan untuk mengecek kembali data warga Kota Probolinggo agar lebih valid lagi. “Karena Bapak Wali Kota dengar bahwa ada Nomor Induk Kependudukan (NIK) warga Kota Probolinggo  sama dengan warga Kota Kediri. Ini tentu sangat merugikan warga yang bersangkutan. Tolong hal-hal seperti sikapi dengan cepat, cek semua NIK warga kita,” tutur Gogol Sudjarwo saat menyampaikan amanah dari wali kota.

Dalam kesempatan itu juga, Gogol Sudjarwo berharap semua petugas Dispendukcapil dapat mengikuti acara tersebut secara komprehensif dan mengimplementasikan di lapangan. “Untuk para supervisor layanan yang terdiri dari kabid dan kasie saya harap menjalankan tugas dengan optimal, mengawasi kinerja stafnya dan menyediakan sarana prasarana secara responsif,” jelasnya. (soni/humas)