Perempuan Harus Paham Pendidikan Politik

image_pdfimage_print

 

Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (DPPPAKB) menggelar pembinaan organisasi perempuan dalam rangka Sosialisasi Perempuan dan Politik di gedung Puri Manggala Bhakti Kantor Wali Kota Probolinggo, Rabu (1/11). 

Kegiatan tersebut dibuka Kepala DPPPAKB Kota Probolinggo Sukam, dihadiri narasumber dari LSM Bidang Perempuan Iva Hasanah, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Probolinggo Yahya Ulumudin, ibu camat dan ibu lurah, Ketua TP. PKK, Ketua Dharmawanita, serta Ketua Organisasi Perempuan.

Sedikitnya ada 200 peserta yang terdiri dari  perwakilan organisasi perempuan mengikuti pembinaan. “Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan wawasan tentang politik dan berpolitik bagi anggota organisasi perempuan di Kota Probolinggo. Sehingga peran perempuan dalam mendukung pencapaian kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan,” kata Murtinah Kabid Pemberdayaan Perempuan pada DPPPAKB.

Kaum perempuan memiliki kemampuan yang sama dengan laki-laki, oleh karena itu kaum perempuan harus berupaya untuk senantiasa meningkatkan sumber daya manusia yang memadai. Salah satunya diantaranya melalui keikutsertaan kaum perempuan dalam organisasi khususnya organisasi wanita dan politik. 

Kesenjangan gender dalam kesempatan berpartisipasi politik dalam pengambilan keputusan terjadi persoalan, perwakilan perempuan menjadi penting manakala kita sadar dari kehidupan sehari-hari. Perempuan tidak secara proposional terlibat dalam kehidupan di ranah publik, hal ini mengingat komposisi penting antara laki-laki dan perempuan hampir berimbang. 

Pengembangan pendidikan politik perempuan, perlu ditingkatkan baik dari segi organisasional maupun pemantapan pilar-pilar demokrasi melalui lembaga legislatif, eksekutif maupun yudikatif yang aspiratif dan pro terhadap kepentingan perempuan.

”Semoga para peserta  sosialisasi nantinya paham tentang dalam pendidikan politik dapat menyebarluaskan kepada anggotanya. Sehingga nantinya di Kota Probolinggo tidak ada lagi kesenjangan gender bagi berbagai akses. Dan semoga dapat menjadi motivasi perempuan untuk berpartisipasi dalam pembangunan,”pesan Sukam, Kepala DPPPKAB setempat. (noviati/humas)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.