Wali Kota Habib Hadi didampingi Camat Kademangan saat foto bersama para pemenang. (Foto:Rizal/Humas dan Protokol Setda Kota Probolinggo) 
image_pdfimage_print

KADEMANGAN – Kademangan Mencari Bakat (KMB) sukses digelar dan menemukan 12 bakat potensi terbaik di bidang seni dari masyarakat di salah satu kecamatan di Kota Probolinggo itu. Senin (25/11) malam, 12 kategori grup dan perorangan tampil untuk memperebutkan posisi juara pertama.

Satu per satu peserta tampil dihadapan juri dan tamu undangan yang hadir. Diantaranya Wali Kota Hadi Zainal Abidin beserta istri, Ketua Tim Penggerak PKK Aminah Hadi Zainal Abidin; Dandim 0820 Probolinggo Letkol Inf Imam Wibowo beserta istri, Sekda drg Ninik Ira Wibawati, perwakilan forkopimda, forkopimka dan pimpinan Bank Jatim.

“Antusiasme warga begitu luar biasa. Ada 65 peserta yang mendaftar, 20 grup dan 45 peserta perorangan. Setelah melewati tahap seleksi, 12 peserta terpilih. 6 grup dan 6 perorangan,” kata Camat Kademangan Pujo Agung Satrio dalam laporannya malam itu.

Pujo menceritakan, Kademangan Mencari Bakat diadakan sebagai ajang pengenalan potensi seni budaya dalam rangka menyambut Kota Probolinggo sebagai tuan rumah Apeksi tahun 2020 dan Semipro 2020.

“Dari sini kami menemukan bakat potensi diri dan kelompok di wilayah Kecamatan Kademangan. Kegiatan ini juga ingin memberikan pembelajaran pentingnya kerja keras meraih sesuatu,” imbuhnya. Ia berharap, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) bisa menangkap peluang dari hasil yang diadakan oleh kecamatan berupa bimbingan pelatihan dan promosi.

Ini juara satu kategori perorangan diraih oleh Mahdafika Fathul dari Kelurahan Pilang bakat bermain keyboard. (Foto:Rizal/Humas dan Protokol Setda Kota Probolinggo)

Dan, mereka yang menjadi juara kategori grup adalah juara 1 Azzafir tampilan musik modern/gambus (Kelurahan Ketapang); juara dua Sinar Budaya menampilkan Jaran Bodhag (Kelurahan Kademangan); juara tiga Hadrah Al Musyassaroh dari Kelurahan Kademangan; Harapan 1 Hadrah Al Hasani dari Kelurahan Kademangan; Harapan 2 Padepokan 22 dengan tampilan menari (Kelurahan Triwung Lor); dan Harapan 3 diraih Teater Serut Angker dari Kelurahan Pohsangit Kidul.

Sedangkan kategori perorangan dimenangi bakat bermain keyboard oleh Mahdafika Fathul dari Kelurahan Pilang; disusul bakat menari yang dimiliki Yuyun Dewi Rahayu dari Kelurahan Kademangan; seni tari Endriana Fayza dari Kelurahan Kademangan di posisi ketiga. Untuk Harapan 1 permainan musik kecapi Panji Asmara Puasa, harapan 2 Jayanti Bertari dan harapan 3 Dhanial Fahira Yasmin, keduanya dari Kelurahan Kademangan dan sama-sama punya bakat menyanyi.

“Kami menilai bakat, bukan menilai keseniannya. Itu yang perlu diketahui oleh para peserta. Dan, peserta seharusnya bisa membedakan ini lomba bukan tanggapan,” tegas Dewan Juri, Peni Priyono, Ketua Dewan Kesenian Kota Probolinggo yang sempat menyentil soal ketepatan waktu bagi peserta saat beraksi di atas panggung.

Sementara itu, Wali Kota Habib Hadi mengucapkan selamat kepada para peserta yang menerima penghargaan Kademangan Mencari Bakat. Habib Hadi berharap mereka bisa mempertahankan prestasi dan meningkatkannya di masa mendatang. “Ini sangat membanggakan, kita bisa memunculkan bakat dari warga di masing-masing kelurahan yang bisa mengenalkan bakat seni dan lainnya,” ungkapnya. (famydecta/humas)