Semarak Probolinggo Kota Ramah Ikan

image_pdfimage_print


MAYANGAN – Dinas Perikanan Kota Probolinggo me-launching Semarak Probolinggo Kota Ramah Ikan tahun 2017, di UPT Pelabuhan dan Pengelolaan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan Mayangan (P2SKP) Kota Probolinggo, Minggu (11/11).
Kegiatan ini diawali perjalanan Wali Kota Probolinggo Rukmini menuju lokasi menggunakan speed boat dari Pelabuhan Tanjung Tembaga. Kemudian disambut tarian jaran bodag dari Sanggar Mardi Budoyo, dilanjutkan pelepasan Festival Nelayan (lomba perahu hias) dengan jumlah peserta 25 perahu, peninjauan festival ikan asap yang diikuti oleh 15 peserta, gelar produk olahan hasil perikanan diikuti 10 peserta dan lomba tangkap belut yang diikuti 60 peserta.
Dalam laporannya, Kabid Budidaya dan Pengendalian Lingkungan pada Dinas Perikanan Kota Probolinggo Hari Eza Arnas  Pirzada mengatakan, tujuan kegiatan ini untuk mengkomunikasikan kegiatan – kegiatan dalam rangka peringatan Hari Ikan Nasional dan Hari Nusantara Pemerintah Kota Probolinggo Tahun 2017 beserta segenap elemen masyarakat. Serta mengajak masyarakat untuk mengelola sumber daya kelautan dan perikanan yang tersedia demi kesejahteraan, kesehatan dan kecerdasan bangsa serta kelestarian lingkungan.
“Mengingkatkan kualitas SDM dan mendukung ketahanan pangan dan gizi, serta kesadaran masyarakat terhadap pentingnya ikan sebagai bahan pangan yang mengandung protein berkualitas tinggi, sehingga target peningkatan angka konsumsi ikan dapat terwujud,” ujarnya.
Wali Kota Probolinggo Rukmini mengatakan saya sangat mengapresiasi kegiatan Dinas Perikanan yang dikemas dalam satu rangkaian dengan melibatkan seluruh elemen masyarakat. Ini merupakan momentum yang tepat dalam memperingati Hari Ikan Nasional dan Hari Nusantara untuk berkiprah dan berkreasi bersama.
“Saya turut mengucapkan terima kasih kepada seluruh stakeholder yang membantu kelancaran pelaksanaan gelaran ini sehingga menambah sinergi antara pemerintah, stakeholder dan masyarakat dalam mensukseskan acara ini,” katanya.
Lanjutnya, Rukmini berharap masyarakat ikut terlibat dalam kegiatan-kegiatan konservasi agar sumberdaya kelautan dan perikanan di Kota Probolinggo bisa berkelanjutan dan dapat dinikmati oleh anak cucu nantinya.
“Saya berharap konsumsi ikan di Kota Probolinggo dapat meningkat mengingat produksi perikanan di kota ini cukup melimpah namun belum diimbangi dengan tingginya tingkat konsumsi ikan, yang mana saat ini tingkat konsumsi ikan masyarakat Kota Probolinggo baru mencapai 34,31kg/kapita/tahun sedangkan target nasional 40,90kg/kapita/tahun,” tegasnya.

“Untuk mendukung upaya peningkatan konsumsi ikan, maka saya berharap di masing – masing kantor pemerintah manakala masih tersedia halaman yang cukup luas supaya dibangun kolam buis beton dengan ukuran diameter 1 meter,” sambungnya.

Kegiatan ini dihadiri oleh Wali Kota Probolinggo, Dandim 0820, Direktur Jenderal (Dirjen) Perikanan Tangkap atau yang mewakili , Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Asisten Administrasi Umum, serta  Kepala Organisasi Perangkat Daerah.

Dalam acara tersebut, Wali Kota Rukmini juga menyerahkan klaim asuransi nelayan yang diberikan kepada Jubaidah, bantuan alat tangkap dari KKP kepada (KUB Mina Harapan dan KUB Amanah), bantuan SAPRA Pengolahan Ikan dari Provinsi Jawa Timur yang diberikan kepada kelompok Guyup Makmur, kelompok Mina Cipta Lestari, kelompok Anugerah Karya Bahari) dan diserahkan juga paket olahan hasil perikanan. (mita/humas)

Leave a Reply

Your email address will not be published.