Pemasangan Gas PGN Mulai Disosialisasikan

image_pdfimage_print

 

Kecamatan Mayangan menjadi daerah pertama yang bakal menerima bantuan pemasangan jaringan gas rumah tangga di tahun 2018 mendatang. Jaringan tersebut akan dibangun di empat kelurahan, yakni Mayangan, Jati, Mangunharjo dan Wiroborang. Hal ini dikarenakan Kecamatan Mayangan merupakan daerah yang dilewati oleh pipa PGN yang telah terbangun sepanjang 18 kilo meter.
Sekaryawan, perwakilan dari Dirjen Minyak dan Gas Bumi dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) sangat mendorong masyarakat untuk berpindah menggunakan gas bumi dan tidak menyia-nyiakan kesempatan ini. “Gas bumi lebih murah daripada gas elpiji, sehingga bisa mengurangi beban pemerintah dalam memberikan subsidi dan impor BBM,” kata Sekaryawan.
Dia juga menambahkan emisi yang dikeluarkan gas bumi lebih bersih dibandingkan dengan elpiji dan kayu bakar, sehingga akan mengurangi pencemaran lingkungan. “Rumah tangga akan dipasang jaringan ini hanya perlu menyediakan kompor biasa dan selang penyalur (untuk menyalurkan gas dari jaringan ke kompor) sepanjang kurang lebih satu meter, pemasangannya gratis,” katanya. Hal tersebut sangat menguntungkan, mengingat bila ingin memasang mandiri, maka biaya yang dikeluarkan kurang lebih Rp 2 juta.
Untuk pembayaran tagihan gas akan diinformasikan melalui pesan singkat per tanggal lima setiap bulannya. “Dan jatuh tempo pembayaran pada tanggal 20 setiap bulannya, dan bila tidak dibayar, maka pada tanggal 30 (akhir bulan) kami akan melalukan penutupan aliran gas untuk rumah tangga yang dimaksud,” imbuhnya. Apabila sampai dengan tiga bulan tidak dibayar, maka pihak PGN akan melakukan pembongkaran meteran di lokasi pelanggan. “Tagihan gas bisa dibayar di Indomaret, Alfamart, ATM, atau di Tokopedia,” imbuhnya.
Semua hal tersebut disampaikan saat sosialisasi teknis pemasangan penyaluran jaringan gas rumah tangga yang diadakan oleh Bagian Administrasi Perekonomian di Aula Kecamatan Mayangan, Kamis (16/11). Dihadiri oleh seluruh Kasi Pemberdayaan Masyarakat di seluruh kelurahan dan kecamatan, kegiatan ini bertujuan untuk memberi informasi dan penjelasan tentang pemasangan dan penyaluran gas bumi yang akan dibangun. “Sehingga mereka dapat meneruskan atau memberikan informasi tersebut kepada masyarakat secara lebih jelas dan detil,” kata Kabag Administrasi Perekonomian, Chairul Anam.
Seperti diberitakan sebelumnya, Kota Probolinggo akan menerima bantuan pemasangan jaringan gas bumi untuk lima ribu rumah tangga. Hal tersebut telah disampaikan oleh Senior Vice President Perusahaan Gas Negara (PGN) saat melakukan pertemuan dengan Wali Kota Probolinggo, Rukmini di ruang transit Kantor Wali Kota Probolinggo, beberapa waktu lalu.
Wali Kota Probolinggo Rukmini juga sangat berterimakasih atas bantuan tersebut. “Semoga kedepannya, tidak hanya Kecamatan Mayangan saja yang dipasang jaringan gas, tapi seluruh kecamatan yang ada di Kota Probolinggo,” katanya. (hariyantia/humas)

Leave a Reply

Your email address will not be published.