Rokok Itu Pemborosan dan Membahayakan!

image_pdfimage_print

 

MAYANGAN – RSUD dr Mohamad Saleh Kota Probolinggo tak hentinya memberikan promosi kesehatan, dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional (HKN). Kali ini RSUD menggelar seminar kesehatan dengan tema “Hidup Berkualitas tanpa Asap Rokok”. Acara yang digelar Kamis (16/11) di gedung CU Mandiri Kota Probolinggo dihadiri langsung oleh Wali Kota Rukmini. 

Usia remaja adalah fase pencarian identitas diri dan nilai-nilai, serta kebutuhan sensasi dan pengalaman yang bervariasi, berani ambil resiko fisik/sosial. Di Indonesia, 78 persen perokok mulai merokok pada usia remaja. Untuk itu,  250 siswa-siswi tingkat SMP dan SMA se Kota Probolinggo dihadirkan dalam seminar tersebut. 

Ketua Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS) Eka Yuliastuti menyatakan,  seminar ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan tentang bahaya asap rokok dan pengendalian pemakaian tembakau atau nikotin. 

Ketergantungan nikotin menjadi topik utama yang disampaikan Psikiater RSUD dr Moh Saleh dr Saiful Alam, siang itu. Salah satu pembahasannya yang menarik yakni kiat berhenti merokok.  Menurutnya, pilihan untuk berhenti merokok, mempertimbangkan sisi positif dan negatif  lain, memantapkan niat dan konsultasikan kepada ahlinya. “Kami para dokter di RSUD dr Moh Saleh siap membantu anda,” Saiful. 

Bahaya rokok terhadap kesehatan disampaikan oleh dr Trinandika , yang merupakan tim PKRS RSUD dr Moh Saleh menyimpulkan, rokok merupakan pemborosan, mengandung zat beracun yang berbahaya bagi kesehatan serta merugikan perokok dan orang sekitarnya.

Wali Kota Probolinggo memberikan apresiasi atas terselenggaranya seminar tersebut. “Saya berharap sosialisasi seperti ini harus terus digalakkan dan tak pernah berhenti menggaungkan gerakan masyarakat untuk hidup sehat,” ungkap Rukmini. (malinda/humas)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.