Sekda Lantik 58 Pejabat Fungsional

image_pdfimage_print

 

MAYANGAN – Sumpah/janji jabatan seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) seharusnya menyiratkan makna substantif dalam rangka usaha membina penyelenggara negara yang bersih, jujur, dan sadar akan tanggung jawabnya sebagai unsur Aparatur Sipil Negara (ASN) yang menjalankan peran sebagai abdi negara dan abdi masyarakat. Selasa (21/11), di Gedung Puri Manggala Bhakti Kantor Wali Kota Probolinggo, 58 Pegawai Negeri Sipil (PNS) dilantik dan disumpah janji jabatannya sebagai pejabat fungsional di lingkungan pemerintah kota Probolinggo.

Kepala Bidang Mutasi dan Formasi, Ngatmari menjelaskan, PNS yang diangkat dalam jabatan fungsional diangkat melalui impasing atau pindah jabatan serta karena naik jenjang jabatan. Parameter utama yang digunakan dalam menentukan jabatan, bagi setiap pegawai dilakukan melalui pertimbangan kapasitas, kompentensi, intregitas, loyalitas, moralitas, mutasi jabatan, pendidikan dan pelatihan, serta nilai pengabdian dan komitmen terhadap tugas dan tanggung jawab kepada negara. 

“Tahun ini merupakan angkatan pertama Pemerintah kota Probolinggo, melantik pejabat fungsional, setelah melakukan kualifikasi pendidikan, uji kompetensi dan sesuai usulan formasi dari OPD (Organisasi Perangkat Daerah), ungkapnya.

Sekretaris Daerah Bambang Agus Suwignyo, yang melantik pejabat fungsional menyatakan bahwa, kunci komitmen terhadap sumpah/janji jabatan adalah disiplin. Disiplin bukan merupakan produk instan namun hasil dari sebuah upaya yang panjang dan berkesinambungan.

“Saya berharap kepada pejabat fungsional yang baru dilantik dan diambil sumpah/janji jabatan untuk senantiasa menjaga dan mempertahankan integritas, loyalitas, disiplin dan komitmen terhadap tugas pokok dan fungsi serta wewenang dan tanggung jawabnya,” harap Bambang. (malinda/humas)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.