Wawali Subri menyerahkan penghargaan kepada Kapolres Probolinggo AKBP Eddwi Kurniyanto. (Foto:Rifki/Humas dan Protokol Setda Kota Probolinggo)
image_pdfimage_print

KANIGARAN – Tim terpadu whale shark rescue Paiton (penyelamatan hiu tutul) pada September 2019 lalu mendapat penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Kamis (12/12), di Makodim 0820 Probolinggo.

Anggota tim yang menerima penghargaan antara lain Kodim 0820 Probolinggo Letkol Inf Imam Wibowo, Kapolres Probolinggo AKBP Eddwi Kurniyanto dan Kepala Kantor KSOP Kelas IV Probolinggo Capt Subuh Fakkurochman serta pihak terkait lainnya.

Penganugerahan malam itu dihadiri Sekretaris Dirjen Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem Kementerian LHK Heri Subagiadi, Kasrem 084 Bhaskara Jaya Letkol Arm Budi Santosa, Wawali Kota Probolinggo Mochammad Soufis Subri, Wabup Probolinggo Timbul Prihanjoko, forkopimda kota/kabupaten Probolinggo, GM PJB Paiton Mustofa Abdullah.

“Upaya yang dilakukan tim terpadu di Paiton merupakan upaya penyelamatan aset bangsa yaitu hiu tutul. Penyelamatan yang memakan waktu lima hari ini mendapat perhatian kementerian. Tim terpadu layak mendapatkan apresiasi dari pemerintah, diberikan penghargaan dalam upaya menyelamatkan lingkungan. Apalagi satu tim melibatkan banyak komponen,” ujar Sekretaris Dirjen Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem Heri Subagiadi.

Sementara itu, Dandim 0820 Letkol Inf Imam Wibowo usai menerima penghargaan mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Alla SWT dan rekan-rekannya dalam tim terpadu. Mewakili tim, Dandim Imam mengaku tidak menyangka akan mendapatkan penghargaan tersebut.

“Saat kejadian kami berkoordinasi dengan PLTU, membentuk tim dan evakuasi hiu dalam keadaan hidup. Alhamdulillah bisa dilepaskan. Dengan penghargaan ini anggota akan semakin bersemangat, menjadi motivasi untuk melakukan tugas sehari-hari,” ujar Letkol Inf Imam Wibowo.

Strategi tim penyelamat saat itu, adalah menentukan langkah pasti agar hiu yang terjebak di kanal PLTU Paiton bisa segera dievakuasi. “Kami berpikir, bertindak dan yakin bahwa kami tidak sendirian,” imbuh Dandim lagi.

Pada kesempatan itu, Wawali Subri berkesempatan menyerahkan penghargaan kepada Kapolres Probolinggo AKBP Eddwi Kurniyanto. Sejumlah penerima penghargaan dari Kementerian LHK berasal dari kementerian sendiri, BKSDA Jatim, DKP Provinsi, Dinas Perikanan Kabupaten Probolinggo, Kodim 0820, Lanal Banyuwangi, Polres Probolinggo, Polsek Paiton, Polairud Probolinggo, KSOP Probolinggo hingga kelompok masyarakat. (famydecta/humas)

Suasana saat acara penyerahan piagam penghargaan tim terpadu rescue whale shark paiton. (Foto:Rifki/Humas dan Protokol Setda Kota Probolinggo)