Wali Kota Probolinggo Hadi Zainal Abidin memberikan sambutan saat acara silaturahmi dengan keluarga besar DP3AKB. (Foto:Rizal/Humas dan Protokol Setda Kota Probolinggo)
image_pdfimage_print

MAYANGAN – Wali Kota Probolinggo Hadi Zainal Abidin percaya, Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota Probolinggo adalah orang yang berjiwa besar. Jiwa yang mampu ditempatkan dan ditugaskan dimana saja untuk melayani masyarakat. Selain gaji dan tunjangan kinerja tetap, pegawai harus loyal dan tunduk pada keputusan.

“Perampingan OPD (Organisasi Perangkat Daerah) harus menunjukkan bahwa OPD yang baru harus lebih maju. Kalau sampai prestasi OPD-nya mundur, maka kepala OPD yang harus saya pelajari. OPD baru juga harus bertanggung jawab maksimal, pertahankan dan bekerja lebih baik lagi,” seru Wali Kota Habib Hadi, saat silaturahmi dengan keluarga besar DP3AKB dengan wali kota, Jumat (13/12) siang.

DP3AKB merupakan satu dari empat OPD yang kan dirampingkan pada tahun 2020 mendatang. Bidang Pemberdayan Perempuan dan Anak masuk ke Dinas Sosial, sedangkan Bidang Keluarga Berencana masuk ke Dinas Kesehatan. Selain DP3AKB, ada Dinas Tenaga Kerja, Dinas Perumahan dan Permukiman, Dinas Perikanan. Bagian Humas dan Protokol pun dilebur ke Bagian Umum dan Dinas Kominfo. Sejumlah urusan lain di OPD pun mengalami perampingan.

Habib Hadi menegaskan tidak ingin saat perampingan berjalan, ada pernyataan bahwa kinerja OPD tidak maksimal karena alasan anggaran tidak tercover. “Tempat untuk kepala OPD akan kami tentukan, mudah-mudahan sesuai kemampuan. Memang membutuhkan kejelian dan ketelitian untuk menempatkan posisi sebagai pimpinan instansi,” jelas wali kota.

Ia juga menuturkan, tradisi mutasi di masa jabatannya tidak akan berlangsung secara diam-diam. Habib Hadi akan memberikan pemberitahuan jika akan ada mutasi. “Akan saya umumkan, saya tidak ingin singit-singitan. Kepala OPD siap-siap menempati tempat yang baru dalam waktu dekat,” imbuhnya, saat pertemuan di Gedung Graha Mina Samudra, Kecamatan Mayangan. (famydecta/humas)

Foto bersama: Wali Kota dan Wakil Wali Kota Probolinggo, Sekda Kota Probolinggo serta keluarga besar DP3AKB. (Foto:Rizal/Humas dan Protokol Setda Kota Probolinggo)