72 Pelaku Usaha Dapat Bantuan

image_pdfimage_print

 

KEDOPOK-Terlihat kerumunan orang-orang di depan Dinas Koperasi, Usaha Mikro, Perdagangan dan Perindustrian (DKUPP) Kota Probolinggo. Kegembiraan terlihat di wajah mereka. Ya, mereka adalah orang-orang yang mendapatkan bantuan yang diberikan oleh Pemerintah Kota Probolinggo, Jumat (17/11).

Kristiana, merupakan salah satu dari penerima bantuan tersebut. “Sebenarnya bantuan kali ini atas nama anak saya, saya sendiri sudah pernah dapat bantuan tahun 2014 lalu berupa etalase,” katanya. 

Dia mengaku kali ini dia meminta bantuan berupa alat untuk pengering minyak dan alat press. “Sudah lama saya mengajukan bantuan ini, baru tahun ini dipanggil,” akunya. Perempuan paro baya ini asal Kelurahan Tisnonegaran ini mengaku mempunyai usaha pembuatan abon dan kripik pisang. “Untuk penjualannya, kadang saya jual keliling, atau titip ke toko-toko itu, di rumah pun ada,” katanya.

Lain lagi cerita Nining, warga Jrebeng Wetan ini mengaku berjualan gorengan di rumahnya, dan belum pernah mendapatkan bantuan. “Saya mengajukan bantuan kompor joss, buat jualan gorengan dirumah sudah lama, sudah tahun berapa saya ngajuinnya, alhamdulillah akhirnya tahun ini dapat (bantuan),”katanya. Dia pun bercerita bahwa berjualan dilakukan untuk meningkatkan pendapatan keluarganya. Bersuamikan pegawai honorer di Pemkot, dia mengaku gaji yang diterima tidak mencukupi kebutuhan keluarga. “Bila gak disambi gini, saya gak bisa biayain sekolah anak saya,” kata ibu dua anak ini. 

Pemberian bantuan kepada masyarakat khususnya pelaku usaha mikro memang menjadi kegiatan rutin yang dilakukan oleh Pemerintah Kota Probolinggo. “Pemberian bantuan ini untuk memberdayakan masyarakat dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas produksi usaha mikro mereka,” kata Kepala DKUPP, Gatot Wahyudi. Dia juga menambahkan bahwa ini juga merupakan wujud keberpihakan pemerintah kepada pelaku usaha mikro dan menengah.

Wali Kota Probolinggo Rukmini berharap kepada para pelaku usaha untuk terus dapat mengembangkan usaha yang telah mereka geluti. “Dengan begitu, maka akan tercipta lapangan kerja baru yang tentunya akan bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ujar wali kota. 

Dalam penerimaan bantuan kali ini, terdapat 72 pelaku usaha yang mendapatkan bantuan, dengan beragam peralatan yangditerimakan. Diantaranya peralatan pertukangan, mesin jahit elektrik, mixer, rombong bakso, dan peralatan lainnya. (hariyantia/humas)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.