Bunda Paud Kota Probolinggo Aminah Hadi Zainal Abidin saat mendapat penghargaan Himpunan Tenaga Pendidik Anak Usia Dini (HIMPAUDI) Award 2019. (Foto:Humas dan Protokol Setda Kota Probolinggo)
image_pdfimage_print

JAKARTA – Komitmen dan perhatian yang tinggi terhadap kualitas mutu dunia pendidikan, khususnya Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kota Probolinggo, Bunda PAUD Aminah Hadi Zainal Abidin mendapat penghargaan Himpunan Tenaga Pendidik Anak Usia Dini (HIMPAUDI) Award 2019, Jumat (13/12) di Jakarta Convention Center (JCC).

Penghargaan yang diserahkan langsung oleh Menteri Kelautan dan Perikanan RI Edhy Prabowo, dalam kegiatan Ajang Kreativitas Pejuang PAUD (AKPP) III tahun 2019. HIMPAUDI Award merupakan penghargaan yang diberikan kepada kepala daerah maupun tokoh PAUD atas dedikasi, sinergi dan kolaborasi dengan HIMPAUDI dalam mewujudkan SDM unggul sejak dini.

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) M Maskur menjelaskan, untuk mendukung penilaian Bunda PAUD Kota Probolinggo dalam HIMPAUDI Award, pihaknya telah mengirimkan profil kegiatan PAUD yaitu Taman Kanak-kanak (TK) dan Kelompok Bermain (KB). Total ada 240 lembaga PAUD yang ada di Kota Probolinggo, baik itu yang dikelola pemerintah atau swasta.

“Kriterianya adalah sejauh mana daerah di seluruh Indonesia memberikan perhatiannya dalam pendidikan anak usia dini. Kegiatannya seperti apa, programnya bagaimana. Itu semua kami kirimkan ke pusat,” ujar Maskur.

Maskur mengakui ada beberapa kegiatan yang sangat menonjol, seperti pada saat Bunda PAUD Aminah membacakan buku cerita kepada anak-anak saat Gebyar PAUD di Alun-alun Kota Probolinggo beberapa bulan lalu. Action, intonasi, pemenggalan kata saat membacakan buku cerita disebut sangat luar biasa.

“Sebenarnya penilaian ini sudah setiap tahun, tapi baru tahun ini pertama kali Kota Probolinggo mendapatkan penghargaan HIMPAUDI Award. Artinya, komitmen Bunda PAUD dalam penanaman pendidikan karakter pada anak usia dini sangat luar biasa. Beberapa kegiatan beliau memang selalu hadir memberikan dukungannya,” imbuh Maskur. Dukungan pun diberikan oleh Pemerintah Kota Probolinggo, berupa BOP PAUD sebesar Rp 5 juta per lembaga, per anak Rp 22.500.

Bunda PAUD Aminah Hadi Zainal Abidin mengaku bahagia dan bersyukur mendapatkan penghargaan tersebut. “Alhamdulillah. Ini sebagai langkah awal pengabdian saya untuk Kota Probolinggo. Pencapaian ini adalah bukti nyata keseriusan saya memberikan yang terbaik untuk masyarakat Kota Probolinggo,” ujar Aminah, saat dihubungi usai menerima penghargaan.

Menurut istri Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin itu, penghargaan Bunda PAUD merupakan bentuk apresiasi pada kiprah dalam mewujudkan pendidikan anak usia Dini. Bunda PAUD memiliki peranan strategis dalam pemerintah untuk membantu mendorong suksesnya pendidikan anak usia dini, yg merupakan pondasi dasar yg sangat penting bagi perkembangan anak.

Tiga hal penting yang membuat penghargaan ini berhasil didapatkan adalah komitmen sebagai bentuk keseriusan untuk mengatasi segala permasalahan di dunia pendidikan anak usia dini. Kedua, kerja sama dengan berbagai pihak seperti Tim Penggerak PKK, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga, Dinas Perikanan, Dinas Pertanian, Dinas Kesehatan yang sudah menjadi mitra mewujudkan generasi emas yang tangguh.

“Yang ketiga adalah inovasi. Yaitu upaya terobosan kita dalam menyikapi kondisi terkini yg terjadi di dunia Pendidikan Anak Usia Dini. Melalui inovasi inilah upaya peningkatan kita dorong untuk semakin baik lagi,” jelas ibu tiga orang anak ini.

Saat ditanya tentang kondisi PAUD di Kota Probolinggo, Aminah menuturkan, saat ini semakin menunjukkan progres yang baik. “Akan tetapi tentunya masih banyak hal yg harus dibenahi. Utamanya pada program kegiatan dan peningkatan sarana dan prasarana serta kesejahteraan pendidik yang menjadi ujung tombak suksesnya pendidikan anak usia dini,” terangnya.

Disinggung soal kepiawaiannya membacakan buku cerita, Bunda PAUD Aminah mengatakan bahwa bercerita bukan hal yang asing baginya. Sebagai seorang ibu dengan tiga anak, meskipun punya berbagai macam kesibukan yang dijalani, ia selalu menyempatkan untuk bersama anak-anaknya dalam segala hal mulai dari bermain, bernyanyi, belajar bersama juga membacakan buku cerita untuk mereka.

“Untuk itu, saya mengimbau kepada para orangtua biasakan membacakan buku cerita kepada anak-anak kita. Karena membacakan buku cerita bisa mengasah keterampilan mereka, bisa meningkatkan kreativitas dan imajinasi mereka, mempertajam memori, membantu berkomunikasi dengan baik dan yang penting memperkuat batin ikatan kita bersama anak,” terang perempuan yang juga menjabat sebagai Ketua Tim Penggerak PKK Kota Probolinggo ini.

“Dan, saya persembahkan penghargaan ini untuk semua pendidik dan elemen Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kota Probolinggo. Tanpa anda semua, saya tidak akan bisa,” tambah Aminah. (famydecta/humas)

Foto bersama: Menteri Kelautan dan Perikanan RI Edhy Prabowo, Bunda PAUD Kota Probolinggo serta dengan bunda paud lainnya.