Inilah keseruan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Probolinggo bersama para pejabat dilingkungan Pemerintah Kota Probolinggo saat berada didalam tenda camping. (Foto:Welly/Humas dan Protokol Setda Kota Probolinggo)
image_pdfimage_print

KADEMANGAN – Wali Kota Probolinggo Hadi Zainal Abidin punya cara unik mempromosikan destinasi wisata baru di wilayahnya. Ia mengajak semua pejabat Pemerintah Kota Probolinggo camping di Pantai Permata Pilang, Kecamatan Kademangan, selama dua hari (20-21/12).

Camping ini dimulai Jumat (20/12) sore. Semua pejabat mulai dari Wali Kota Habib Hadi, Wawali Mochammad Soufis Subri, Sekda drg Ninik Ira Wibawati, para staf ahli, asisten, kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah), sekretaris, camat, lurah dan pejabat eselon IV ikut dalam kegiatan ini.

Sebanyak 119 peserta camping mengikuti apel yang dipimpin Kepala Dinas Sosial Zainullah. Di area pantai, sudah terpasang sejumlah tenda berbagai ukuran. Fasilitas pun telah disiapkan seperti dapur umum, mushola, tempat mandi dan buang air. Ada tiga tempat buang air dan empat kamar mandi.

Ya, suasana keakraban pun langsung terasa begitu semua masuk ke dalam tenda masing-masing. Pejabat laki-laki dan perempuan terbagi ke beberapa tenda yang berbeda. Seperti niat dilaksanakannya kegiatan ini, selain promosi wisata juga meningkatkan ukuwah antar pejabat pemkot setempat.

Suasana saat apel yang dipimpin oleh Kepala Dinas Sosial. (Foto:Welly/Humas dan Protokol Setda Kota Probolinggo)

“Dulu saya pernah ikut Lemhanas saat menjadi DPR RI, disana kami digembleng soal kepemimpinan dan lainnya. Saya juga camping dan tidur hanya pakai sleeping bag. Nah, sekarang saya ingin camping juga bersama pejabat pemkot,” ujar Wali Kota Habib Hadi.

Selain meningkatkan ukuwah, Habib Hadi juga berharap dapat saling mengenal lebih dekat agar ke depan kinerja bisa menjadi lebih baik. “Untuk tempat, dipilih Pantai Permata Pilang karena ini adalah destinasi wisata baru. Kami ingin menunjukkan kepada masyarakat bahwa pantai ini sangat aman, nyaman dan indah untuk dikunjungi,” jelasnya.

Wali Kota dan Wakil Wali Kota saat menikmati suasana pantai permata dengan berkeliling menggunakan sepeda motor. (Foto:Welly/Humas dan Protokol Setda Kota Probolinggo)

Selama check in di Pantai Permata Pilang berbagai kegiatan sudah dipersiapkan oleh panitia. Seperti yang dijelaskan Kepala Dinas Sosial Zainullah, sore hari akan ada sarasehan bersama pokmas (kelompok masyarakat) di sekitar Pantai Permata Pilang.”Sarasehan untuk sharing bersama membahas bagaimana mengembangkan wisata ini,” ujar Zainullah, saat memimpin apel camping.

Sementara itu, malam hari ada api unggun dan hiburan. Sabtu (21/22) pagi dilanjutkan jelajah pantai hingga check out di sore hari. Berbagai respon pun disampaikan peserta camping perdana di Pemerintah Kota Probolingo ini. Seperti yang disampaikan Kepala Dinas PUPR Amin Fredy, camping ini terlaksanakan karena sinergi OPD yang punya tugas masing-masing.

“Camping ini sangat menarik, dan saya rasa tidak ada masalah. Ini kan bentuk dukungan mengenalkan destinasi wisata baru di Kota Probolinggo,” ungkap Amin, ditemui setelah mengecek toilet yang kebetulan menjadi tugas dinasnya untuk menyiapkan di lokasi camping. (famydecta/humas)

Wali Kota dan Wakil Wali Kota menikmati keindahan pantai permata disore hari. (Foto:Welly/Humas dan Protokol Setda Kota Probolinggo)