Wali Kota Habib Hadi datang langsung kerumahnya untuk menyerahkan bantuan gerobak sampah ke Ahmad Wasis. (Foto:Agus/Humas dan Protokol Setda Kota Probolinggo)
image_pdfimage_print

KANIGARAN – Masih ingat kisah Jakaria Sobirin? Ialah pemuda warga RT 4 RW 4 Kelurahan Kebonsari Kulon, Kecamatan Kanigaran yang sempat dikunjungi Wali Kota Hadi Zainal Abidin, Maret 2019 lalu. Ia sempat ramai dalam pemberitaan karena menjadi tukang sampah di usia sekolah untuk membantu orangtuanya.

Waktu itu, Jakaria masih tercatat sebagai pejalar SMK Negeri 2 Kota Probolinggo. Ia menggantikan tugas sang ayah memungut sampah warga menggunakan becak bekas milik bapaknya karena tidak punya gerobak sampah.

Yang menjadi perhatian warga adalah keikhlasan Jaka melakoni pekerjaan menggantikan bapaknya, Ahmad Wasis yang sempat terbaring sakit. Bahkan sampai bapaknya sembuh pun, Jaka masih tetap menjalankan tugasnya berkeliling rumah tetangga mengambil sampah.

“Saya akan mengupayakan, memberi support untuk meningkatkan peran Jaka melestarikan lingkungan. Insyaallah pemerintah akan membantu gerobak sampah di perubahan APBD 2019,” kata Habib Hadi, kala itu.

Dan, janji itu pun terbayar. Jumat (27/12), Wali Kota Habib Hadi mendatangi kembali rumah Jaka. Saat itu yang ada hanya Ahmad Wasis, yang juga menjadi Ketua RT 4 RW 4 di lingkungannya. Habib Hadi menyerahkan sebuah gerobak sampah didampingi Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Budi Krisyanto.

Sayangnya Jaka sedang tidak ada di rumah. Ia sedang ke Malang untuk mengambil nomor pendaftaran TNI. “Bantuan ini sangat bermanfaat sekali khususnya warga RT 4 RW 4. Insyaallah nanti saya yang akan meneruskan,” tutur Ahmad Wasis.

Wali kota hanya berharap, apa yang diberikan pemerintah bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh masyarakat. “Pemerintah tidak ingkar janji. Selanjutnya silahkan dimanfaatkan karena permasalahan sampah ini masalah bersama,” imbuhnya. (famydecta/humas)