Jalan Sehat Sosialisasikan Pilgub Jatim

image_pdfimage_print

 

 

MAYANGAN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Probolinggo punya cara untuk menjalankan tugasnya dalam menyosialisasikan Pemilihan Gubernur (Pilgub) dan Wakil Gubernur (Wagub) Jatim 2018 mendatang. Yaitu, dengan menggelar jalan sehat Guyub Rukun, 17 Desember di Alun-alun Kota Probolinggo. 

Diikuti berbagai kalangan masyarakat dan partai politik peserta pemilu yang ada di Kota Probolinggo, jalan sehat dilepas oleh Sekda dr Bambang Agus Suwignyo. Nampak pagi itu perwakilan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) dan sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD). 

“Kegiatan ini sengaja dilakukan untuk menyampaikan informasi ke masyarakat, bahwa tahun 2018 selain ada pemilihan wali kota dan wakil wali kota (pilwali), juga ada pemilihan gubernur,” ujar Ketua KPU Ahmad Hudri saat menyampaikan laporannya. 

Gaung pilgub memang kalah dengan pilwali, melalui momentum jalan sehat ini, kata Ahmad Hudri, diharapkan masyarakat juga memberikan perhatian yang besar pada pilgub mendatang. 

Pada 27 Juli 2018, masyarakat Kota Probolinggo yang mempunyai hak pilih dapat menggunakan hak pilihnya di Tempat Pemungutan Suara (TPS) masing-masing. “Meningkatnya partisipasi masyarakat kota yang sebelumnya 83 persen, selanjutnya pada tahun 2018 kami harap jadi lebih tinggi mencapai 88 persen,” terang Hudri menutup laporannya. 

Ungkapan ketua KPU tersebut langsung direspon Sekda dr Bambang Agus Suwignyo. Menurutnya, kalau bisa target partisipasi masyarakat yang memilih mencapai 100 persen. “Harapannya ya kalau bisa 100 persen masyarakat datang ke coblosan dan menggunakan hak pilihnya,” tuturnya. 

Ada tahapan pilkada dan pilgub yang sedang dijalankan oleh KPU. Sekda berharap pilkada berlangsung dengan lancar, aman, tidak ada kegaduhan, kondusif, jujur dan adil.  

“Sekarang bukan zamannya money politics. Perhatikan program calon masing-masing. Mari kita dukung program KPU dengan sebaik-baiknya,” seru Bambang Agus. 

Jalan sehat pagi itu melintasi rute start di dalam Alun-alun kemudian ke Jalan Suroyo – Jalan Panglima Sudirman – Jalan Dr Sutomo – Jalan Ahmad Yani dan finish kembali ke Alun-alun. Sejumlah hadiah dibagikan pada kegiatan pagi itu. (famydecta/humas)

Leave a Reply

Your email address will not be published.