Wali Kota Serahkan Buku Letter C 

image_pdfimage_print

 

MAYANGAN – Arsip adalah rekaman kegiatan atau peristiwa dalam berbagai bentuk dan media sesuai perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang diterima oleh lembaga negara, penyelenggara pendidikan, partai politik, organisasi masyarakat dan pribadi.  Arsip bukan saja terdiri dari media kertas saja, namun juga bisa berbentuk media yang lain seperti arsip foto, film, peta kaset/video.

Rabu (20/12), bertempat di Puri Manggala Bakti, Kantor Wali Kota Probolinggo, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan menggelar Gebyar Resorasi Arsip Letter C Kelurahan Tahun 2017.

Kepala  Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sariadi mengatakan tujuan diselenggarakan kegiatan ini untuk menambah informasi serta mengupayakan perbaikan – perbaikan arsip statis terutama buku letter C pada kelurahan sehingga keberadaannya  tetap utuh dan bermanfaat bagi masyarakat.

“Satu wujud pengelolaan arsip statis adalah menjaga dan melestarikan arsip kerawangan/letter C yang merupakan arsip vital yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat,” ujarnya.

Kabid Kearsipan Provinsi Jawa Timur, Tidor Arif Triona Djati mengapresiasi Pemkot Probolinggo atas segala jerih payah dengan penuh semnagat menciptakan tertib kearsipan, untuk membangun reformasi  kearsipan yang lebih baik.

“Selamat untuk wali kota Probolinggo yang telah mendapatkan Inovasi Government Award dari  Menteri Aparatur Negara ini sangat luar biasa dan semoga terus berkesinambungan,” katanya.

Wali Kota Probolinggo Rukmini mengimbau kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk membenahi dan menertibkan arsipnya masing – masing dengan cara memfungsikan secara penuh ariparis maupun tenaga pengelola arsip  untuk melaksanakan tugas dalam mengidentifikasi, mengelola, melestarikan dan menyediakan arsip yang bernilai guna tinggi.

“Agar seluruh OPD berupaya merawat dan melestarikan arsip – arsip yang bernilai guna tinggi untuk dapat dimanfaatkan oleh masyarakat,” harapnya.

Dalam kegiatan Gebyar Restorasi Arsip, Wali Kota Rukmini menyerahkan tropy dan  penghargaan dalam kategori pengelolaan kearsipan tingkat kelurahan. Peringkat 1  Kelurahan Kebonsari Kulon, disusul Kelurahan Jrebeng Kulon dan Kelurahan Kedopok. 

Wali Kota Probolinggo juga menyerahkan buku letter C yang sudah direstorasi ke 8 kelurahan. Di antaranya Kelurahan Kebonsari Kulon, Sukoharjo, Curah Grinting dan Tisnonegaran. (mita/humas)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.