Wali Kota Resmikan Instalasi Biogas

image_pdfimage_print

                Wali Kota Probolinggo Rukmini meresmikan instalasi biogas limbah tahu proma dan pemanfaatan gas methane TPA (Taman Pengelolaan Akhir) Bestari, Rabu (22/4). Penyediaan energi alternatif ramah lingkungan menjadi suatu kebutuhan karena keterbatasan energi berbahan bakar fosil.

                Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Tutang Heru Aribowo menjelaskan, pembangunan instalasi biogas limbah tahu dan pemanfaatan gas methane merupakan salah satu bukti nyata kepedulian Pemerintah Kota Probolinggo untuk menciptakan pembangunan yang berkelanjutan.

                Usai meninjau pemanfaatan gas methane di TPA (yang disalurkan ke rumah 5 warga), Wali Kota Rukmini bersama pihak Badan Pengkajian dan Penerapan Tekhnologi (BPPT) dan instansi terkait menuju pabrik tahu Proma yang berlokasi di Kelurahan Kedungasem, Kecamatan Wonoasih. Di sana, wali kota melihat bagaimana proses pembangunan instalasi dan penyaluran gas methane ke 25 rumah warga sekitar.

                “Pemanfaatan ini sebagai media edukasi dan kampanye tentang pentingnya mengelola limbah secara optimal. Karena selain mendapat lingkungan yang sehat dan bebas pencemaran juga berdampak positif untuk ketahanan energi dan memiliki nilai ekonomi yang tinggi,” kata Tutang.

                 Wali Kota Probolinggo berharap gas methane dari limbah tahu ini bisa disalurkan ke 100 rumah warga. “Biasanya ada yang beli elpiji 3 kg setiap bulannya, mudah-mudahan setelah menggunakan gas methane ini tidak beli-beli lagi,” ujarnya. Ke depannya, wali kota berencana menambah instalasi biogas limbah tahu ke beberapa pabrik tahu lainnya. (fa)

Leave a Reply

Your email address will not be published.