GELARAN “WAK IWAKAN” SAJIKAN HASIL OLAHAN IKAN

image_pdfimage_print

 

MAYANGAN – Pemerintah Kota Probolinggo selalu berupaya untuk meningkatkan perekonomian masyarakat dengan menggencarkan kegiatan-kegiatan yang ikut memberdayakan masyarakat didalamnya. Hal tersebut juga menjadi salah satu tujuan diadakannya pasar sore “Wak Iwakan” yang digelar oleh Dinas Perikanan Kota Probolinggo. 

Bertempat di tambak Dinas Perikanan di Jalan Lingkar Utara (Jalan Gajahmada), Pasar Sore “Wak Iwakan” digelar pada hari Minggu (18/02). Pasar sore ini merupakan rangkaian dari beberapa kegiatan, diantaranya lomba pancing, pameran ikan hias, souvenir, makanan olahan, benih ikan, dan lain-lain. Kepala Dinas Perikanan, Budi Krisyanto mengatakan bahwa pasar sore ini memang bertujuan untuk mempromosikan hasil olahan dari UKM yang tentunya untuk meningkatkan perekonomian masyarakat. Dia juga menjelaskan bahwa pasar sore ini merupakan kelanjutan dari pasar pagi yang ada di Alun-alun. “Jadi masyarakat yang menginginkan makanan olahan ikan untuk makan malam, atau hanya ingin mancing bisa datang ke pasar sore “Wak Iwakan” ini,” katanya.

Dia juga menjelaskan bahwa ini juga upaya untuk menambah tujuan wisata di Kota Probolinggo. “Ini juga untuk mengembangkan pariwisata yang berbasis perikanan, dan perikanan yang menunjang pariwisata,” katanya. Budi Kris, sapaan akrabnya, menjelaskan bahwa hal tersebut bisa dilakukan karena jalur lingkar utara merupakan jalur yang dilewati oleh bis pariwisata. “Kita bisa bekerjasama dengan agen travel agar saat bus pariwisata tersebut tidak hanya lewat, tetapi juga singgah di pasar sore meski hanya satu jam,” katanya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Sekretaris Daerah Kota Probolinggo, dr. Bambang Agus Suwignyo. Dia berharap kegiatan ini bisa menjadi salah satu ikon pariwisata Kota Probolinggo. “Buat sarana promosi, misalnya baliho yang ditempatkan di tempat-tempat strategis, sehingga masyarakat Kota Probolinggo dan pengunjung luar kota tahu ada event menarik disini,” katanya.

Terdapat 25 stand yang didirikan oleh Dinas Perikanan untuk para UKM yang menjajakan hasil olahan mereka. “Kegiatan ini rencananya akan dilaksanakan dua kali dalam sebulan,” kata Budi Kris. Dalam pembukaan kali ini dihadiri oleh Ketua DPRD, para kepala OPD, dan perwakilan dari perbankan. Pasar sore akan diadakan untuk kedua kalinya pada tanggal 4 Maret._hariyantiagustina

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.