BKSDA Siap Membantu Penangkapan Ular 

image_pdfimage_print

 

KANIGARAN – Sejak tiga minggu lalu, warga RT 1 / RW 12 Kelurahan Kebonsari Kulon, tepatnya di gang PKO, digegerkan dengan munculnya ular jenis phyton reticalitus (sanca kembang). Ular sepanjang 5 meter ini sangat meresahkan warga karena di lingkungan tersebut banyak anak kecil yang dapat menjadi mangsa. 

Hingga pada akhirnya Senin (19/2), ular phyton berhasil ditangkap. Proses penangkapannya pun tak mudah, membutuhkan kurang lebih 4 orang untuk menangkap ular yang diduga berjenis kelamin betina ini. Angga, warga setempat yang ikut menangkap ular ini mengatakan bahwa awalnya tetangganya Kus Adi yang melihat ular tersebut. 

“Waktu itu, Kus Adi hendak memberi makan lele di samping rumahnya. Ia pun terkejut dengan munculnya ular lalu memanggil keluarga dan tetangga sekitar,”  ujar Angga. Setelah berusaha selama kurang lebih 1 jam, ular phyton ini akhirnya berhasil ditangkap. 

Kabar mengenai tertangkapnya ular ini akhirnya terdengar oleh Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Wilayah 6 Probolinggo. Kamis (22/2), Kepala Resort BKSDA Sudartono, bersama staf menemui warga yang berhasil menangkap ular tersebut. Melalui kunjungan ini, Sudartono memberikan pemahaman bagi warga tentang perlindungan terhadap satwa liar.

“Harapannya, warga mau menyerahkan satwa liar ini secara sukarela. Satwa liar sangat berbahaya jika dipelihara. Akan lebih baik jika satwa ini bisa diserahkan ke lembaga konservasi sehingga nantinya dapat berkembang biak,” tutur pria yang akrab dipanggil Tono ini. 

Menurut keterangan warga, ular ini memiliki pasangan yang masih berkeliaran di lingkungan tersebut. Warga berharap agar pemerintah dapat segera menangkap ular yang masih berkeliaran.

Menanggapi hal tersebut, Tono mengatakan bahwa pihaknya siap mambantu untuk menangkap ular tersebut. “Menurut warga, memang katanya yang jantan belum tertangkap. Kami akan membantu untuk proses penangkapannya, segera,” kata Sudartono. (alfien/humas)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.