Wali Kota: Mari Bersungguh-sungguh Demi Opini WTP  

image_pdfimage_print

 

KANIGARAN – Wali Kota Rukmini mengingatkan Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota Probolinggo untuk memastikan penyelesaian penyusunan Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun 2017.  

“Dalam perkembangannya, penyusunan LKPD OPD telah dilakukan dan masih banyak menyisakan persoalan yang paling berat di setiap tahunnya yaitu Laporan Barang Milik Daerah sebagai bagian dari neraca laporan keuangan itu sendiri,” katanya. Maka dari itu, dia mengharapkan kepada seluruh OPD  untuk berusaha lebih keras dan maksimal dalam menyelesaikan tanggung jawabnya selaku entitas akuntansi Pemerintah Kota Probolinggo.

“Perlu saya sampaikan bahwa waktu yang tersisa pun sudah sangat terbatas, kita telah mendekati deadline (tenggat waktu),” imbuh Rukmini. Tenggat waktu yang diberikan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) untuk pengumpulan LKPD sampai akhir Maret 2018. Dia juga menambahkan bahwa ketepatan waktu dalam menyerahkan LKPD menjadi poin kunci dalam meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) selain tindak lanjut atas Laporan Hasil Pemeriksaan (TL-LHP) BPK RI. 

“Maka dari itu saya perintahkan kepada semua pihak yang terlibat untuk bersungguh-sungguh mengawal dan mengerjakan semua tahapan proses dalam waktu yang tersisa, sehingga harapan kita untuk meraih opini WTP,” tambahnya.

Sekretaris Daerah dr. Bambang Agus Suwignyo pun menegaskan kepala seluruh OPD untuk tetap berkoordinasi walaupun ada hari libur. “Hari Sabtu dan Minggu, BPPKAD siap menerima konsultasi baik melalui pesan singkat ataupun datang langsung ke kantor,” katanya. 

Dia juga mengingatkan kepada beberapa dinas besar seperti RSUD, Dinas Kesehatan, Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora), untuk lebih serius dalam menyelesaikan laporannya. “Ayo kita dukung dan realisasikan harapan wali kota dan juga harapan kita semua untuk dapat meraih opini WTP,” kata mantan direktur RSUD ini.

Permasalahan BMD memang selalu muncul setiap kali penyusunan LKPD. Untuk tahun ini, wali kota memberikan waktu dari tanggal 23-27 Februari untuk segera menyelesaikan laporan BMD, karena penyusunan LKPD tergantung dari penyelesaian laporan BMD. Semua hal tersebut disampaikan pada rapat koordinasi penyelesaian penyusunan LKPD tahun 2017 yang diadakan di Puri Manggala Bhakti, Jumat (23/2). Rapat ini dihadiri oleh seluruh kepala OPD beserta Pejabat Penatausaha Keuangan. (hariyantia/humas)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.