Sosialisasikan SIPD Versi Terbaru

image_pdfimage_print

 

MAYANGAN – Adanya peralihan urusan statistik dari Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) ke Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Probolinggo menuntut Diskominfo untuk memperkuat fungsi statistiknya. Upaya yang dilakukan selain memperkuat Sumber Daya Manusia juga kapasitas membangun kerjasama dengan pusat statistik untuk mengetahui perkembangan data yang disinergikan dengan perkembangan tekhnologi informasi yang semakin pesat.

Untuk itu, Senin (26/2),  Diskominfo setempat menggelar acara sosialisasi regulasi dan pelatihan aplikasi Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD) Versi Baru 2018 kepada seluruh Kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah), kasubag program dan operator dengan mendatangkan nara sumber dari Bappeda Provinsi Jawa Timur.

Asisten Administrasi Umum Setda Kota Probolinggo Rey Suwigtyo yang sekaligus Plt (Pelaksana tugas) Kepala Diskominfo menyatakan, SIPD kedepan akan menjadi salah satu instrument dalam evaluasi rancangan akhir dalam perencanaan pembangunan daerah. SIPD juga akan digabung dengan Probolinggo Citilindo, sehingga semua aplikasi yang ada Kota Probolinggo ini terangkum jadi satu. Cara ini memudahkan apabila membutuhkan data cukup mengakses pada  Probolinggo Citilindo. “ Saya harap, semua OPD harus tertib dalam input data dan mengikuti pelatihan SIPD ini dengan baik,” harapnya.

Wali Kota Probolinggo Rukmini juga menuturkan bahwa penyusunan data yang baik dapat membantu pimpinan untuk mengambil kebijakan dalam menyusun rencana kegiatan dan mengambil keputusan.Data yang baik tersusun dalam data base sehingga berfungsi sebagai komponen pertama dalam sistem informasi. Data base juga digunakan sebagai data informasi yang akurat dan relevan. 

SIPD adalah salah satu sistem yang mendokumentasikan dan mengolah data pembangunan daerah menjadi informasi yang disajikan kepada masyarakat dan sebagai dasar pengambilan keputusan. “Kita harus belajar menyukai data dan berproses dengan data, sehingga dari data informasi tersebut kita mendapatkan arah dan tuntunan dalam bekerja,” ungkapnya.

Musman, Kepala Seksi Pelayanan Data Perencanaan UPT Pelayanan Data Perencanaan dan Pendanaan Pembangunan Bappeda Provinsi Jawa Timur yang saat itu bertindak sebagai nara sumber menyampaikan materi tentang kebijakan sistem informasi pembangunan daerah Provinsi Jawa Timur tahun 2018 dan Pengenalan SIPD disampaikan Yudhi Arisetyawan. (malinda/humas)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.