Wali Kota Rukmini Sampaikan SPT Tahunan 

image_pdfimage_print

 

KANIGARAN – Wali Kota Probolinggo Rukmini menyampaikan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) PPh 2017 menggunakan e-filling, Rabu (13/3) pagi. Melalui penyampaian SPT ini diharapkan seluruh masyarakat Kota Probolinggo dapat segera melakukan kewajibannya menyampaikan pajak tahunan orang pribadi tersebut. 

Dengan contoh teladan dari pimpinan daerah ini tingkat kesadaran dan kepatuhan masyarakat dalam melaksanakan pemenuhan kewajiban perpajakan diharapkan dapat terus meningkat dari waktu ke waktu. Seperti yang dilakukan oleh wali kota, SPT tahunan saat ini tidak harus disampaikan langsung ke Kantor Pelayanan Pajak karena ada saluran online berupa e-filling. 

Melalui e-filling memudahkan para Wajib Pajak (WP) untuk menyampaikan SPT tahunan dari mana saja termasuk dari tempat kerjanya. Kepala KPP Pratama Probolinggo Syaiful Abidin mengatakan, syarat agar WP dapat menyampaikan SPT secara online melalui e-filling cukup hanya terkoneksi dengan jaringan internet. 

“Namun pastikan agar WP telah terintegrasi dan memiliki Electronic Filling Number (EFIN) yang dapat diperoleh di kantor pelayanan pajak tempat dimana WP terdaftar,” jelas Syaiful saat mendampingi wali kota, pagi itu. 

Sementara itu, Wali Kota Rukmini juga meminta kepada seluruh jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) Kota Probolinggo untuk menyelesaikan pelaporan SPT tepat waktu melalui e-filling. Aturan ini tertuang dalam ketentuan Menpan RB dalam surat edaran Nomor 8 tahun 2015 yang mewajibkan ASN /TNI/Polri untuk menyampaikan SP tahunan PPh orang pribadi melalui e-filling. 

“Baru saja saya telah menyampaikan SPT tahunan atas pendapatan saya sebagai kepala daerah lewat e-filling. Ternyata sangat mudah. Segera sampaikan SPT tahunannya supaya terhindar dari denda keterlambatan Rp 100 ribu per tahunnya,” tegas Rukmini.

Batas waktu pelaporan SPT Tahunan PPh 2017 untuk WP orang pribadi sampai tanggal 31 Maret 2018 mendatang, sedangkan untuk WP badan hingga tanggal 30 April 2018. “Sanksi denda Rp 100 ribu untuk WP orang pribadi, kalau untuk WP badan yang tidak atau terlambat melaporkan SPT tahunan sebesar Rp 1 juta,” imbuh Syaiful lagi. 

Diketahui, pada 2018 ini KPP Pratama Probolinggo yang membawahi tiga wilayah Kota/Kabupaten Probolinggo dan Kabupaten Lumajang akan menargetkan 13 ribu WP kategori badan dan orang pribadi non karyawan untuk melaporkan SPT tahunan 2017. Sementara untuk penyampaian e-filling oleh WP Badan dan WP orang pribadi yang memiliki penghasilan bruto di atas Rp 60 juta ditargetkan sebesar 27.512 WP. Sampai dengan hari ini (13/3), jumlah WP yang telah menyetor melalui e-filling baru sebesar 7.988 WP atau sebesar 29,03 persen. 

“Kami sudah menyiapkan langkah untuk memenuhi target. Seperti mengirimkan surat imbauan, SMS blast kepada wajib pajak, pemasangan baliho di lokasi strategis serta bekerjasama dengan instansi terkait,” tutur Syaiful Abidin. 

SPT tahunan oleh seluruh WP merupakan salah satu bentuk partisipasi warga negara dalam pemenuhan kewajiban perpajakan, yang mana dengan pajak negara akan dapat terus melakukan pembangunan nasional dalam rangka mewujudkan masyarakat yang adil, makmur dan sejahtera. (famydecta/humas)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.