SOSIALISASIKAN TATA NASKAH DINAS

image_pdfimage_print

 

KANIGARAN – Tata naskah dinas merupakan pengaturan tentang jenis, format, penyiapan, pengamanan, pengabsahan, distribusi dan media yang digunakan dalam komunikasi kedinasan, dan semua hal tersebut menjadi hal yang harus dipahami oleh setiap pegawai tata usaha. Maka dari itu Bagian Organisasi melakukan sosialisasi pedoman tata naskah dinas berdasarkan peraturan Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) nomor 2 tahun 2014, Selasa (20/03).

“Salah satu tujuan dari sosialisasi ini adalah untuk menciptakan kemudahan dalam pengendalian naskah dinas,” kata Kepala Bagian Organisasi Sekretariat Daerah Kota Probolinggo, Heri Astuti. Dia juga menambahkan bahwa sosialisasi ini juga bertujuan agar tidak terjadi tumpang tindih dokumen dan terwujudnya pengelolaan tata naskah yang tertib. “Sosialisasi ini juga dimaksudkan untuk memberikan satu acuan dalam pembuatan tata naskah dinas,” tambah Heri.

Sekretaris Daerah Kota Probolinggo, Bambang Agus Suwignyo pun mengatakan bahwa sosialisasi memiliki arti penting tentang pemahaman atas tata naskah dinas apabila dikaitkan dengan kewenangan penandatanganan naskah dinas. “Kepala dinas harus berhati-hati dalam mengeluarkan suatu naskah dinas, sebab tidak semua naskah dinas dapat ditandatangani oleh kepala dinas/badan, asisten atau sekda, tetapi harus dilihat bobot dan tujuan sesuai dengan kewenangan yang diberikan,” kata Bambang Agus. 

Dia mengatakan fenomena yang masih terjadi di Pemerintah Kota Probolinggo adalah belum tertibnya administrasi sebuah surat resmi seperti pemakaian kop surat, penomoran surat, hingga penggunaan stempel OPD. “Meski hal ini dianggap sederhana bagi sebagian orang, secara administrasi dapat memberikan efek keabsahan sebuah surat,”  katanya. Dia juga mengingatkan kepada para peserta sosialisasi untuk memahami segala materi yang disajikan. “Nantinya, saya pun pasti akan belajar dari anda sekalian,” katanya. 

Sosialisasi yang mendatangkan nara sumber dari Pusat Pengkajian dan Pengembangan Sistem Kearsipan dari ANRI ini diikuti oleh seluruh kasubag tata usaha, sekretaris kelurahan, dan pejabat arsiparis di lingkup Pemerintah Kota Probolinggo. (hariyantia/humas)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.