Gebyar Undian, Apresiasi Bagi Wajib Pajak 

image_pdfimage_print

 

KANIGARAN – Jika pada tahun 2017 lalu, target PBB (Pajak Bumi Bangunan) pada APBD Pemerintah Kota Probolinggo ditetapkan sebesar 6,7 miliar rupiah. Hanya tercapai 6,58 miliar rupiah atau sebesar 97,62% dari target yang ditentukan. Hal itu menjadi pelecut keras di tahun 2018 ini.

Wali Kota Probolinggo Rukmini, menyatakan bahwa realisasi penerimaan PBB sampai dengan bulan April 2018 telah tercapai  Rp 2.484.006.805,- atau sebesar 36,53% dari target APBD 2018 sebesar Rp 6,8 miliar rupiah. Ia meminta realisasi penerimaan PBB tahun 2018 dapat mencapai 100% dari target yang ditetapkan. 

“Saya menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya atas peran serta masyarakat dan stakeholder Pemerintah Kota Probolinggo yang telah memenuhi kewajibannya dalam membayar pajak selama ini. Ucapan terima kasih juga saya sampaikan kepada pihak Kecamatan,  Kelurahan dan para petugas pemungut yang selama ini bekerja keras dalam melaksanakan tugasnya untuk mendukung tercapainya target Pendapatan Asli Daerah (PAD) pada sektor PBB dari tahun ke tahun,” ungkapnya.

Hal itu, disampaikan Rukmini pada acara gebyar undian berhadiah pelunasan PBB dan buka bersama serta pemberian santunan kepada 50 anak yatim. Acara tersebut di gelar di halaman kantor BPPKAD (Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah), Selasa, (21/5).

Disamping itu, Imanto Kepala BPPKAD menjelaskan maksud diselenggarakannya acara tersebut yakni meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap perpajakan, memberikan suri tauladan kepada masyarakat tentang wajib pajak serta mewujudkan PAD sesuai dengan target yang ditetapkan.

Untuk mewujudkan penerimaan PBB tahun 2018 sesuai target, BPPKAD telah melakukan beberapa kegiatan yakni memberikan Surat Edaran kepada seluruh OPD (Organisasi Perangkat Daerah) sebagai himbauan untuk mengajak seluruh karyawannya membayar pajak. 

Melakukan sosialisasi pada warga Kota Probolinggo melalui mobil keliling dan radio Suara Kota. Selain itu, BPPKAD juga melakukan roadshow ke seluruh Kelurahan di lima titik Kecamatan melalui mobil pelayanan dan puncak pada gebyar undian berhadiah yang dilaksanakan sore itu. 

Gebyar undian berhadiah itu disponsori oleh Bank Jatim, BNI, Bank Bukopin, Bank Tabungan Negara Indonesia, Bank Mandiri serta RSUD dr Moh Saleh dengan hadiah utama sepeda motor. Para pimpinan Bank yang menjadi sponsorsip terlihat hadir bersama para angggota DPRD, Sekretaris Daerah Bambang Agus Suwignyo, dan Kepala OPD. Selain hadir dalam acara, pada kesempatan sore itu Rukmini dan Bambang Agus Suwignyo juga melakukan pembayaran dan pelunasan PBB. (malinda/humas) 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.