Wali Kota: Bersatu, Menjadi Bangsa yang Kuat

image_pdfimage_print

KANIGARAN – Pemerintah Kota Probolinggo menggelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila  yang Ke-73 Tahun 2018, di halaman depan Kantor Pemerintah Kota Probolinggo, Jumat (1/6). Wali Kota Probolinggo Rukmini, bertindak sebagai inspektur upacara. 

Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila yang Ke 73 ini juga dihadiri oleh Forkopimda. Diantaranya Ketua DPRD Agus Rudiyanto Ghoffur, Sekda dr Bambang Agus Suwignyo, para asisten, para staf ahli, kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), camat dan lurah serta organisasi wanita di  Kota Probolinggo.

Saat membacakan sambutan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo, Wali Kota Rukmini menyampaikan pancasila adalah berkah yang indah yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa kepada bangsa Indonesia dari pergulatan pemikiran dan kejernihan batin para founding fathers (Pendiri) Indonesia. 

Pancasila pertama kali diuraikan secara jelas oleh Bung Karno pada tanggal 1 Juni 1945, kemudian dituangkan dalam Piagam Jakarta pada tanggal 22 Juni 1945 dan dirumuskan secara final pada tanggal 18 Agustus 1945. 

“Pancasila berperan falsafah dan dasar negara yang kokoh, yang menjadi fondasi dibangunnya Indonesia yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur. Kita harus bersatu memperkokoh semangat Bhinneka Tunggal Ika. Kita terus bersatu dalam upaya kita untuk menjadi bangsa yang kuat, bangsa yang besar dan bangsa pemimpin,”katanya.

Wali kota juga menyampaikan terimakasih kepada seluruh karyawan dan karyawati di lingkungan Pemerintah Kota Probolinggo atas kerjasamannya, serta partisipasi seluruh elemen masyarakat di wilayah Kota Probolinggo. Karena pada 31 Mei 2018, Kota Probolinggo meraih dua penghargaan  yang sangat membanggakan yaitu Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia. Dan Penghargaan Pastika Parama yang diberikan oleh Menteri Kesehatan RI. 

“Semoga penghargaan ini sebagai pemacu bagi seluruh masyarakat dan Pemerintah Kota Probolinggo untuk lebih maju dan lebih baik lagi. Terkait kondisi keamanan di Kota Probolinggo akhir-akhir ini dengan maraknya teroris. Saya mengimbau kepada masyakat agar tetap tenang  dan kooperatif bekerjasama dengan pihak kepolisian,” pesannya. (noviati/humas)

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.