Siap-Siap, Pemkot Akan Terapkan NPWP Cabang

image_pdfimage_print

 

KANIGARAN- Wali Kota Probolinggo, Rukmini meminta jajarannya untuk memastikan penerapan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) Cabang di Kota Probolinggo. Hal ini dilator belakangi oleh banyaknya kegiatan pengerjaan infrastruktur yang dikerjakan oleh perusahaan dari luar kota. Untuk memastikan implementasi rencana tersebut, Wali Kota Probolinggo mengundang Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Probolinggo, Selasa (5/5) di Sabha Bina Praja, Kantor Wali Kota Probolinggo. 

“Saya sudah lama mendapat informasi NPWP cabang ini. Untuk itu saya meminta Bagian Hukum untuk membuat legal opinion tentang ini. Saya minta agar dibuatkan peraturan Wali Kota yang mengatur implementasi NPWP cabang,” ujarnya Rukmini.

“Kegiatan Pemerintah Kota Probolinggo yang berkaitan dengan infrastruktur ini cukup besar. Lebih dari Rp. 80 Miliar. Rata-rata pemenangnya dari luar kota, dan NPWP nya dari daerah asal. Tentu ini harus jadi perhatian kita. Usahanya di sini ya harus bayar pajak di sini,” tambah Wali Kota. 

Syaiful Abidin, Kepala KPP Pratama Probolinggo mengungkapkan jika semangat yang diusung KPP dan Pemkot sama. Yaitu sama-sama ingin meningkatkan pendapatan asli daerah melalui dana bagi hasil pajak. Pengusaha yang tidak memiliki NPWP cabang berpotensi merugikan KPP, Pemerintah Kota Probolinggo serta masyarakat Kota Probolinggo. 

“Ada dua hal besar yang akan diatur. Pertama, pengusaha baik orang pribadi atau badan yang akan membangun usaha di Kota Probolinggo diupayakan mempunyai NPWP cabang, diterbitkan oleh KPP Pratama Probolinggo. Kedua, bagi yang sudah terlanjur, saat proses perpanjangan izin usaha, wajib membuat NPWP cabang,” tegas Syaiful.

Saat ini, ada beberapa daerah yang sudah memberlakukan NPWP cabang. Di antaranya, Banyuwangi dan Lumajang. “Banyuwangi dan Lumajang sudah, Kota Probolinggo seharusnya juga bisa. Di Kota Probolinggo ada banyak pengusaha besar dari Jakarta, Surabaya, dan Riau. Semua ber NPWP asal. Jadi mereka berusaha di sini, membayar pajaknya di daerahnya,” pungkas Kepala KPP Pratama Probolinggo itu. (Abdurhamzah/humas)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.