Lampaui Target Minimal Se Jawa Timur, ORI Difteri Capai 93,33 Persen

image_pdfimage_print

KANIGARAN- Selasa (10/7), Wali Kota Probolinggo Rukmini meninjau Posyandu Tunas Mulia di Jalan AA. Maramis RW. 12 Kelurahan Kanigaran Kota Probolinggo. Kunjungan ini dalam rangka pencanangan Outbreak Response Immunization (ORI) Difteri putaran ke dua. Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, Camat Kanigaran, Lurah Kanigaran serta Ketua Tim Penggerak PKK Kota Probolinggo tampak mendampingi Rukmini dalam kunjungan tersebut. 

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kota Probolinggo, Yoesminingsih menginformasikan sasaran balita di Posyandu tersebut sebanyak 122 balita. Pelaksanaan ORI Difteri dilaksanakan sebanyak tiga putaran di tahun 2018.  Putaran pertama pada bulan Februari, putaran ke dua pada bulan juli serta putaran ke tiga direncanakan dilaksanakan pada bulan Desember mendatang. 

Yoesminingsih juga menyatakan jika capaian ORI Difteri di Kota Probolinggo sudah melebihi target se Jawa Timur.  “Pelaksanaan ORI Difteri ditujukan sebagai upaya penanggulangan Kejadian Luar Biasa (KLB).  Untuk Kota probolinggo sudah melebihi target se Jawa Timur yaitu minimal 90 persen terimunisasi. Pelaksanaan putaran Pertama ORI Difteri di Kota Probolinggo mencapai 93,33 persen”, tambahnya.  

Wali Kota Probolinggo berharap capaian ORI Difteri di Kota Probolinggo bisa mencapai 100 persen. “Ini adalah putaran ke dua.  Saat ini cakupan Kota Probolinggo sudah mencapai 93,33 persen, hampir menuju 100 persen. Dari jumlah sasaran 70.082 anak yang terimunisasi sebanyak 65.411 anak,”ujar Rukmini.

“ Saya berharap untuk putaran ke dua ini bisa meningkat. Momennya pas, karena kegiatan belajar di sekolah telah kembali aktif. Target ORI terbesar pada anak sekolah yaitu 82,5 persen. Saya harap ibu-ibu memperhatikan perkembangan anaknya. Apabila anaknya kurang lincah, sakit atau gangguan lainnya segera periksakan ke dokter. Mudah-mudahan anak Indonesia tambah maju, pinter, dan sehat,” pungkas Wali Kota. (Noviati-Humas)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.