Wali Kota Sampaikan Nota Keuangan APBD 2017

image_pdfimage_print

MAYANGAN – Selasa (10/7), Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Probolinggo menyelenggarakan sidang paripurna Penyampaian Nota Keuangan Wali Kota Probolinggo terhadap Pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Pertanggungjawaban Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun 2017. 

Wali Kota Probolinggo, Rukmini dalam kesempatan itu menegaskan bahwa penyampaian nota penjelasan tersebut untuk memberi gambaran secara umum tentang realisasi pendapatan, belanja, dan pembiayaan atas pelaksanaan APBD tahun anggaran 2017. “Tujuan Nota Keuangan ini untuk memudahkan dalam memahami mekanisme pembahasan raperda tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD tahun 2017,” kata Rukmini. 

Selain itu, Rukmini mengatakan sistematika Nota Penjelasan ini akan mempermudah legislatif untuk mencermati kesesuaian antara potensi pendapatan dan belanja serta program atau kegiatan. “Dengan informasi awal melalui Nota Penjelasan ini, selanjutnya raperda tentang Pertanggungjawaban APBD Kota Probolinggo Tahun Anggaran 2017 akan dibahas oleh Dewan baik di level Komisi maupun fraksi,” lanjutnya.

Dalam nota penjelasan keuangan ini, Wali Kota menjabarkan realisasi pendapatan dan belanja di tahun anggaran 2017 serta permasalahan-permasalahan yang muncul di tahun 2017. Pendapatan di tahun 2017 terealisasi sebesar kurang lebih 910 milyar rupiah. Alokasi belanja daerah dianggarkan sebesar 1 trilyun 1 milyar dan terealisasi sebesar kurang lebih 957 milyar rupiah. 

Rukmini menutup nota penjelasannya dengan mengharapkan usulan serta saran yang bersifat konstruktif dan harus tetap mengedepankan obyektifitas dan urgensi yang ada. “Namun demikian saya tetap yakin jika melihat hubungan eksekutif dan dewan selama ini, telah berjalan semakin harmonis dan proporsional. Betapapun beratnya tugas yang kita emban akan terasa ringan dan langkah pun terasa semakin mantap karena dipikirkan, diolah, dan dipecahkan bersama, semata-mata untuk kepentingan  masyarakat,” katanya.

Dari 30 anggota dewan, yang menghadiri sidang kali ini sebanyak 18 orang. Sidang ini juga dihadiri oleh seluruh OPD yang ada di pemerintah kota Probolinggo, termasuk camat dan lurah._hariyantiagustina-humas

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.