Sebanyak 56 PNS Jelang Purna Tugas

image_pdfimage_print

KADEMANGAN – Pemerintah Kota Probolinggo melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia ( BKPSDM ) Kota Probolinggo menggelar acara pembekalan bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) purna tugas di lingkungan Pemerintah Kota Probolinggo. Kegiatan dengan tema “Menuju Bahagia di Masa Purna Tugas” berlangsung di Ruang Bentar Hotel Bromo View Kota Probolinggo, Rabu (1/8).

Kepala BKPSDM Kota Probolinggo, Rachma Deta Antariksa  menjelaskan, pelepasan purna tugas ini periode bulan Oktober 2018 sampai dengan bulan Maret 2019 mendatang sebanyak 56 PNS. Di tahun ini PNS yang memasuki purna tugas bulan Oktober sebanyak 12 orang, bulan November sebanyak 9 orang dan bulan Desember sebanyak 12 orang. Sedangkan di tahun 2019, pada bulan Januari  sebanyak 9 orang, Februari sebanyak 7 orang serta di bulan Maret sebanyak 7 orang.

“Tujuan kegiatan ini  untuk memberikan wawasan kepada PNS yang akan memasuki purna tugas yang mencakup tentang Taspen pasca purna tugas. Serta memberikan motivasi psikologis dan motivasi untuk pengembangan entrepreneurship atau kewirausahaan sehingga mewujudkan kebahagiaan pasca purna tugas,” ujar Rachma Deta Antariksa.

Dalam acara ini juga diadakan sosialisasi Taspen (Tabungan dan Asuransi Pensiun) untuk para PNS agar dapat menikmati masa pensiunannya lebih mudah. “Jadi, para PNS yang akan memasuki masa purna tugas tidak perlu lagi mendatangi kantor PT. Taspen di Kota Malang. Untuk kepengurusan asuransi tabungan hari tua dan dana pensiun pegawai, kini bisa dilakukan di BKPSDM. Serta memberikan nomer rekening bank ke BKPSDM dan dana taspen masuk di rekening masing-masing,” jelas Deta.

Wali Kota Probolinggo Rukmini berpesan kepada para PNS yang akan memasuki purna tugas agar lebih banyak menghabiskan waktu bersama keluarga. Dan, terus semangat untuk berinovasi dan berkreasi karena purna tugas bukanlah akhir dari segalanya. 

“Ia juga berpesan kepada PNS yang purna tugas untuk menjaga kesehatan, sering-seringlah mengecek kesehatan di posyandu lansia setempat. Mudah-mudahan pembekalan ini bisa bermanfaat. Semoga  pensiun ini nantinya merupakan awal kehidupan baru yang lebih bahagia serta mampu memberi manfaat tidak hanya bagi kita sendiri tetapi juga bagi orang lain,” tutur Rukmini. (noviati/humas)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.