Renungan Suci, Penghormatan Untuk Pahlawan

image_pdfimage_print

KANIGARAN – Tepat tengah malam menjelang HUT Ke-73 Kemerdekaan Republik Indonesia, nuansa khidmat menyelimuti Taman Makam Pahlawan (TMP) Kota Probolinggo, Kamis (16/8). Sejumlah pimpinan daerah termasuk Wali Kota Probolinggo Rukmini, Kapolres Probolinggo Kota AKBP Alfian Nurrizal, anggota Forkopimda Kota Probolinggo, serta jajaran pejabat Pemerintah Kota Probolinggo hadir dalam Upacara Penghormatan dan Malam Renungan Suci. Ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan memperingati HUT Ke-73 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Upacara ini pun diikuti oleh anggota Polri, TNI, PNS, dan Linmas dengan satu tujuan yakni mengenang jasa-jasa para pahlawan yang telah berjuang memperebutkan kemerdekaan Republik Indonesia. Bertindak sebagai Inspektur Upacara adalah Dandim 0820 Letkol Kav Depri Rio Saransi. Upacara diawali dengan penghormatan kepada para pahlawan di TMP Kota Probolinggo. Dengan dihiasi obor di sejumlah titik, upacara berlangsung khidmat dan penuh penghormatan. 

Dalam kesempatan ini, Dandim 0820 Letkol Kav Depri Rio Saransi membacakan naskah malam renungan suci. Kepada 315 pejuang TNI, 21 pejuang rakyat, dan 18 pejuang tak dikenal, Letkol Kav Depri Rio Saransi menyatakan hormat yang sebesar-besarnya atas keikhlasan dan kesucian pengorbanan para pahlawan tersebut dalam pengabdian terhadap perjuangan demi kebahagiaan negara dan bangsa.

“Kami bersumpah dan berjanji perjuangan saudara-saudara adalah perjuangan kami juga dan jalan yang saudara-saudara tempuh adalah jalan kami juga. Kami berdoa semoga arwah saudara-saudara diterima oleh Tuhan Yang Maha Esa serta mendapatkan tempat yang mulia,” tutur Depri. 

Upacara penghormatan diakhiri dengan melakukan hening keliling dimana seluruh undangan yang hadir menyempatkan diri untuk menaburkan bunga kepada makam para pahlawan yang telah berjasa kepada bangsa dan negara. _alfien/humas

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.