Tiga Negara Ramaikan Pembukaan Semipro 2018

image_pdfimage_print

MAYANGAN– Semipro (Seminggu di Kota Probolinggo) ke-10 Tahun 2018 resmi dibuka. Peresmian ditandai dengan pemukulan drum oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Probolinggo, Bambang Agus Suwignyo semalam (29/8) di Alun-Alun Kota Probolinggo. Tampak hadir Ketua DPRD Kota Probolinggo Agus Rudiyanto Ghaffur, Wakapolresta Kompol Djumadi,  Kepala OPD, Camat dan Lurah se- Kota Probolinggo. Wali Kota dan Wakil Wali Kota Probolinggo terpilih tahun 2019-2024, Hadi Zainal Abidin dan Mochammad Soufis Subri juga hadir. 

Sebelum acara dimulai, masyarakat dihibur dengan penampilan kelabang songo yang berkolaborasi dengan tari kiprah lengger. Kesenian dari tiga negara juga ikut memeriahkan acara pembukaan Semipro ke 10 ini, yakni dari negara Malaysia, Filipina dan Korea Selatan.

Sekretaris Semipro, Tutang Heru Aribowo menjelaskan semipro kali ini bertujuan untuk menigkatkan perekonomian masyarakat dan mempromosikan pariwisata, budaya dan kesenian Kota Probolinggo. Secara keseluruhan, semipro tahun ini akan menyuguhkan 27 jenis kegiatan mulai dari olaha raga, festival, pameran produk unggulan dan olahraga tradisional.

Sebelum pembukaan, ada kegiatan pra semipro yang telah rampung mulai tanggal 23-29 Agustus. Untuk acara intinya, semipro digelar seminggu mulai tanggal 29 Agustus sampai 3 September. Semipro sendiri digelar dalam rangka memperingati HUT ke-73 Kemerdekaan Republik Indonesia dan hari Jadi ke- 659 Kota Probolinggo. 

“Semipro tahun ini mendatangkan delegasi kesenian dari 3 negara yaitu kesenian dari Malaysia, Filipina dan Korea Selatan. Tidak kalah menarik adalah lomba olahraga tradisional yang diikuti oleh pelajar se- Kota Probolinggo berupa lomba kasti, terompah panjang dan enggrang,” jelas Tutang.

Sekda Kota Probolinggo yang mewakili Wali Kota Probolinggo menyatakan Semipro tahun ini mengusung tema lestri budayaku, mendunia kreasiku. “Tema tersebut merupakan semangat kita bersama untuk kembali mengangkat budaya Kota Probolinggo agar kembali dipahami, digemari dan dilestarikan bersama oleh pemerintah dan masyarakat Kota Probolinggo dan dikenal oleh delegasi-delegasi kebudayaan dari negara-negara lain”, ujar Bambang.

“Semipro yang ke- 10 ini merupakan ajang kreativitas para pelaku seni, budya, dan prestasi tidak hanya budaya lokal, tapi juga dari berbagai negara. Kita telah mengundang perwakilan delegasi kebudayaan dari 3 negara salah satunya Korea Selatan, dengan harapan akan terjadi pertukaran budaya yang nantinya akan bermuara pada pengenalan budaya Kota Probolinggo ke negara-negara tersebut,” ucap Bambang.

Dipertengahan acara para tamu undangan dan seluruh penonton disuguhkan dengan pemutaran video kemenangan Rindi Sufrianto, yang mengharumkan Indonesia dengan meraih emas di kejuaraan Asian Games 2018 pada cabang Panjat Tebing.

Diakhir sesi pembukann semipro 2018, Husein Alatas  menghibur masyarakat Kota Probolinggo dengan menyanyikan beberapa lagu. Husein juga menyanyikan berjudul selamat ulang tahun sebagai kado hari jadi Kota Probolinggo yang ke- 659. (Soni/Humas).

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.