Anak Indonesia, Anak Jenius

image_pdfimage_print

MAYANGAN – Puluhan anak Taman Kanak Kanak (TK), Kelompok Bermain serta forum anak kecamatan dan kelurahan berkumpul di Museum Probolinggo guna mengikuti Gebyar Hari Anak Nasional Tahun 2018, Rabu (30/8). Kegiatan ini mengusung tema anak Indonesia, Anak Jenius (Gesit, Empati, Berani, Unggul, Sehat).

Arimbi Wilujeng Ketua Forum Anak Kota Probolinggo menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk mendorong pengembangan kebijakan Kota Layak Anak hingga ke tingkat kecamatan dan kelurahan untuk pemenuhan hak dan perlindungan khusus anak. “Meningkatkan jejaring kerja dan kemitraan antara Pemerintah dengan masyarakat, termasuk lembaga swadaya masyarakat, media dan dunia usaha, serta mendorong terwujudnya Indonesia Layak Anak (IDOLA) 2030,” ujarnya.

Wali Kota Probolinggo Rukmini mengatakan dengan momen peringatan Hari Anak Nasional ini, diharapkan dapat menggugah dan meningkatkan kepedulian setiap individu, orang tua, keluarga, masyarakat, dunia usaha, media serta Pemerintah akan pentingnya peran, tugas dan kewajiban masing – masing dalam pemenuhan hak dan perlindungan anak.

Syukur alhamdulillah pada tahun 2018 tepatnya tanggal 23 Juli 2018 kemarin, Kota Probolinggo mendapatkan penghargaan kota layak anak kategori pratama. Hal ini berarti Kota Probolinggo dapat mempertahankan prestasi ini seperti tahun 2017 kemarin. “Semua ini berkat kerja sama dan dukungan dari semua OPD dan masyarakat Kota Probolinggo, dan juga dimotori oleh Forum Anak Kota Probolinggo,” kata Rukmini.

Ke depan, Rukmini berharap Kepala OPD yang memiliki tugas dan tanggung jawab dalam pemenuhan hak anak sesuai indikator/kriteria dan mekanisme Kota Layak Anak dapat meningkatkan perannya masing – masing sehingga predikat Kota Layak Anak dapat dipertahankan dan bahkan ditingkatkan sampai mendapat predikat diatasnya. Mita/Humas.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.