Pertama Kali, 3 Negara Tampil Meriahkan Semipro 2018

image_pdfimage_print

 

KANIGARAN– Event tahunan Semipro (Seminggu di Kota Probolinggo) ke 10 tahun 2018, kali ini sangat berbeda dari tahun sebelumnya. Pemerintah Kota Probolinggo mengundang delegasi kebudayaan dari tiga negara yakni Korea Selatan, Filipina dan Malaysia. Harapannya, terjadi pertukaran informasi dari masing-masing negara dengan budaya Kota Probolinggo. 

Mereka berkolaborasi dengan seniman lokal Kota Probolinggo dalam acara cross culture, di museum Kota Probolinggo, Jumat (31/8). Ada tiga sanggar yang ikut memeriahkan acara tersebut, yakni dari sanggar Bayu Kencana, sanggar Panji Laras dan saggar Mardibudoyo. Masyarakat Kota Probolinggo sangat antusias  menyaksikan kesenian budaya dari tiga negara tersebut.

Sanggar Bayu Kencana yang tampil pertama kali menampilkan tari eblas. Tari eblas bercerita tentang gadis remaja yang ceria. Salah satu kesenian khas Kota Probolinggo, Jaran Bhodag juga memeriahkan acara cross culture malam itu. Sedangkan penampilan pertama dari luar negeri dari Korea Selatan dengan menampilkan tiga tarian, yakni tarian yang bercerita tentang laki-laki yang ingin menikah. Tari Saraga ditampilkan dengan berpasang pasangan menceritakan tentang cinta. Tarian harapan, tarian ini yang mengharapkan kedamaian dan kebahagiaan.

Sementara itu seniman dari Malaysia, Muhammad Saifudin mengungkapkan sangat bangga bisa memeriahkan Semipro di Kota Probolinggo. ”Saya juga senang bisa berkolaborasi bersama seniman asal Kota Probolinggo. Banyak kesenian lokal yang sangat bagus di sini dan Masyarakat Kota Probolinggo sangat ramah,”ujarnya.  

Selain tampil di Museum Probolinggo, sebelumnya mereka tampil di opening Semipro (29/9) serta tampil di Jl. P. Sudirman (depan Kantor Wali Kota Probolinggo) pada Sabtu, (1/9). (noviati/humas)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.