Gunakan Lima Bahasa, Wali Kota Ucapkan Selamat Hari Jadi

image_pdfimage_print

 

KANIGARAN– Hari ini, 4 September 2018 Kota Probolinggo genap berusia 659 tahun. Peringatan hari jadi ke 659 ini ditandai dengan upacara oleh Pemerintah Kota Probolinggo. Peserta dan petugas upacara mengenakan pakaian adat Pendalungan. Tampak juga perwakilan dari etnis Tionghoa dan etnis Arab di barisan peserta upacara. 

Wali Kota Probolinggo, Rukmini yang menjadi inspektur upacara menyampaikan ucapan selamat hari jadi ke 659 Kota Probolinggo. Ucapan yang di sampaikan kepada seluruh masyarakat Kota Probolinggo itu menggunakan 5 bahasa. Diawali dengan mengucapkan selamat menggunakan Bahasa Indonesia, kemudia berturut-turut Bahasa Madura, Bahasa Jawa, Bahasa Tionghoa, dan terakhir Bahasa Arab. 

Rukmini juga menyampaikan penghargaan yang telah diterima Pemerintah Kota Probolinggo. Setidaknya dalam kurun waktu tahun 2018. “Kita kembali menerima opini wajar tanpa pengecualian dari BPK RI atas laporan keuangan tahun 2017. Kita juga meraih Pastika Parama sebagai bentuk komitmen kita terhadap implementasi kawasan tanpa rokok. Kita juga meraih penghargaan Kota Layak Anak Pratama. Kota Probolinggo juga memperoleh penghargaan Abdi Tani tahun ini. Selain itu, kita juga telah berhasil mempertahankan piala Adipura selama 11 tahun berturut-turut, dan Wahana Tata Nugraha selama 10 tahun berturut-turut,” ujar Wali Kota. 

Wali Kota juga menyampaikan selamat kepada Atlet Kota Probolinggo yang telah berhasil meraih medali emas pada ajang Asian Games 2018. Atlet tersebut atas nama Rindi Sufiyanto bersama timnya turun di nomor panjat dinding speed relay estafet putra. “Ini adalah kado hari jadi Kota Probolinggo terbaik dari warganya. Selamat dan terima kasih Rindi,” ujar Rukmini. 

Pemerintah Kota Probolinggo menetapkan tema peringatan hari jadi ke 659 ini tidak berbeda dengan tema HUT ke 73 proklamasi kemerdekaan RI “Kerja Kita, Prestasi Bangsa”. Pemkot sepakat untuk menambahkan prestasi kota, menjadi “ Kerja Kita, Prestasi Kota, Prestasi Bangsa”. 

Menurut Rukmini, tema tersebut untuk menyadarkan kita semua, bahwa untuk membangun Kota Probolinggo tidak hanya tanggung jawab Pemerintah Kota Probolinggo. Perlu adanya sinergi semua stakeholder. Kalangan swasta dan masyarakat harus mendukung Pemerintah Kota dalam membangun kota. Tanpa dukungan, rasanya apa yang dicapai Pemerintah Kota Probolinggo saat ini akan sulit dicapai,” pungkas Rukmini. 

Dalam kesempatan itu, Rukmini juga memberikan piagam penghargaan kepada ASN berprestasi di Kota Probolinggo. Untuk eselon IV, ada Aditya Ramadhan Lawado (terbaik I), Nur Fajari (II), dan Rochana Lutfiah (III). Untuk Jabatan Fungsional Umum ada Puji Sulistya Rini (I), Sapto Hadi (II), dan Tatik Pudjowati (III). Untuk Jabatan Fungsional Tertentu ada Cicilia Chrysta Bening Wardani (I), drh. Mitta Yuni Lestari (II), dan Dedy Suhartanto (III). (abdurhamzah/humas) 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.