Forikan Sumbar  Kunjungi Kota Probolinggo 

image_pdfimage_print

KANIGARAN – Selasa, (28/8) Pemerintah Kota Probolinggo kedatangan tamu dari  Provinsi Sumatera Barat (Sumbar). Mereka adalah Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Sumatera Barat. Rombongan yang dipimpin Wakil Ketua Forikan Sumatera Barat, Wartawati ini diterima di Rumah Dinas Wali Kota Probolinggo.

Wali Kota Probolinggo, Rukmini memaparkan perkembangan produksi dan konsumsi ikan di Kota Probolinggo. Dalam paparannya Rukmini menyebutkan konsumsi ikan di Kota Probolinggo sudah memenuhi target yang ditetapkan Provinsi Jawa Timur. 

“Kota Probolinggo sudah bisa menghasilkan 200 ton ikan per hari. Kami sudah mencapai target konsumsi ikan yang ditetapkan oleh Provinsi Jawa Timur yaitu 35,71 Kg perkapita pertahun. Kami juga pernah mendapatkan penghargaan gemar ikan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan yang langsung diberikan oleh ibu Susi Puji Astuti,” ujar Rukmini. 

Rukmini juga memuji kinerja Dinas Perikanan dalam mensosialisasikan gemar makan ikan. “Dinas Perikanan sangat intens dalam mensosialisasikan gemar makan ikan kepada masyarakat. Sosialisasinya dilakukan dengan mengunjungi pondok pesantren, yayasan yatim piatu, serta melakukan pembinaan kepada UKM binaan Dinas Perikanan,” tambah Rukmini. 

Wartawati membawa rombongan anggota forikan dari Provinsi Sumatera Barat serta dari Kabupaten Solok, Kabupaten Sijunjung, Kabupaten Pasaman, Kabupaten Pesisir Selatan. “Terima kasih untuk Wali Kota Probolinggo sudah menyempatkan waktu untuk menerima rombongan kami. Tadi kami sudah melihat pelaku usaha,  hasil produksi, serta pengolahan ikan menjadi sebuah produk yang ada di Kota Probolinggo,” ujarnya.

Sumatera Barat merupakan daerah pesisir yang juga penghasil ikan. Wartawati mengakui, jika pengolahan hasil ikan di daerahnya  belum maksimal. “Sumbar masih bisa memproduksi sebatas rendang ikan dan abon ikan. Semoga setelah dari Kota Probolinggo, kami bisa mengembangkan dan mengambil ilmu bagaimana pengolahan ikan di Kota Probolinggo,” tambahnya.

Kepala Dinas Perikanan Kota Probolinggo, Sudiman memaparkan strategi pembangunan bidang perikanan, yaitu pengembangan upaya peningkatan hasil pengolahan dan nilai tambah produk perikanan. Selain itu, membangun kondusifitas sosial budaya masyarakat nelayan untuk kemajuan usaha dan peningkatan produksi perikanan. Dinas Perikanan juga membangun market intelligence masyarakat nelayan yang meliputi penguasaan informasi tentang segmen pasar, harga dan pesaing. Mita/Humas.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.