Wali Kota Serahkan Bantuan untuk Korban Gempa 

image_pdfimage_print

 LOMBOK UTARA – Sebagai bentuk perhatian Pemerintah Kota Probolinggo terhadap korban gempa di Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat (NTB), Wali Kota Probolinggo Rukmini berkunjung dan melihat langsung kondisi korban bencana sekaligus memberikan bantuan, Kamis (6/9).

Dalam kunjungannya, wali kota didampingi beberapa Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Probolinggo. Saat berada di Lombok Utara, Rukmini menyampaikan duka yang mendalam kepada para korban. Ia juga sempat berkeliling ke tenda-tenda untuk melihat kondisi para korban yang terkena bencana. Kehadirannya merupakan bentuk solidaritas sesama anak bangsa yang tengah tertimpa musibah.

“Saya datang kesini untuk menyampaikan rasa solidaritas kami. Saya mengucapkan belasungkawa sedalam-dalamnya bagi korban.  Mudah-mudahan para korban yang tertimpa musibah diberikan kesabaran dan dapat beraktifitas kembali,” ucap Rukmini. 

Terkait bantuan, Wali Kota Rukmini menjelaskan bahwa bantuan dari masyarakat (termasuk pegawai di lingkungan pemkot) Kota Probolinggo yang terkumpul sebesar Rp 60 juta, dari Dinas Pendidikan terkumpul  Rp 95 juta melalui PMI. Pemerintah Kota Probolinggo juga akan memberikan bantuan senilai Rp 250 juta yang langsung dikirim ke rekening BPBD Kabupaten Lombok Utara.

Bupati Lombok Utara Najmul Akhyar menjelaskan, bencana yang terjadi di Lombok terjadi dua kali yang terbesar. Salah satunya di Kecamatan Kayangan, Kabupaten Lombok Utara yang melumpuhkan aktifitas seluruh masyarakat Kayangan dan mengakibatkan korban meninggal 477 orang. 

Untuk para korban yang selamat diungsikan di tenda sementara, Pemerintah Lombok Utara juga mendirikan rumah sakit dan puskesmas sementara untuk menampung korban luka-luka. 

“Untuk wisata, kami sudah kembali bangun tempat-tempat wisata yang tertimpa bencana karena di Lombok sangat banyak destinasi tempat wisata sehingga sekarang wisatawan mulai beraktifitas kembali disini,” ungkap bupati.   

Bupati Najmul Akhyar juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Wali Kota Rukmini. “Terima kasih atas kunjungan dan bantuannya kepada korban bencana di Lombok Utara in. Mudah-mudahan sangat bermanfaat bagi korban bencana,” ucap Najmul. (soni/humas)

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.