Kalapas Yandi Suyandi Mutasi Ke Nusakambangan

image_pdfimage_print

 

MAYANGAN – Baru 10 bulan menjabat sebagai Kepala Lapas (lembaga pemasyarakatan) klas IIB Probolinggo, Yandi Suyandi kembali diganti. Senin, (9/9) di Aula lapas klas IIB acara pisah sambut Kalapas diselenggarakan. Yandi di promosikan menjadi Kalapas klas IIA di Pasir Putih Nusakambangan Cilacap Jakarta Tengah.

Yandi dalam sambutannya menyampaikan, pihaknya belum sepenuhnya melaksanakan program kerjanya. Namun, beberapa pembenahan sudah dilakukan seperti memberikan ruangan khusus dapur, menambah saluran air, mendirikan gazebo untuk tempat ibadah. Pendirian gazebo dikarenakan Masjid yang berada di area hunian para warga binaan dirasa kurang maksimal. 

Yang menarik dalam masa jabatannya sebagai Kalapas, Yandi selalu menerapkan sholat lima waktu berjamaah serta mendirikan perpustakaan. Menurutnya, hanya ilmulah yang mampu mengubah pola pikir para penghuni lapas.

Beberapa komitmen bersama Pemerintah Kota Probolinggo juga telah dilaksanakan dengan dinas terkait. Seperti dengan Kantor Kementrian Agama tentang keagamaan, Dinas Lingkungan Hidup bagaimana mengolah limbah yang dihasilkan lapas. Dinas Pertanian juga memberikan program cocok tanam di Lapas, Dinas perpustakaan membuka ruang baca serta Dinas Kesehatan yang  memberikan layanan kesehatan dan medis. 

Tak hanya itu, DKUPP (Dinas Koperasi, Usaha Mikro Perdagangan dan Perindustrian) juga membantu perdagangan hasil karya para warga binaan. “Semua itu sebagai bekal untuk warga binaan saat keluar dari lapas ini. Untuk bekal mereka menjalani kehidupan yang lebih baik,” ucapnya.

Edi Mulyono yang awalnya menjabat sebagai Kepala Rumah Tahanan Negara (Rutan) Dumai Pekanbaru, menjadi penggantinya. Edi berjanji akan terus menjaga program kerja yang sudah dilaksanakan sebelumnya, dan akan terus berbenah guna mengangkat nama baik lapas klas IIB Probolinggo.

Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik, Paeni yang menghadiri acara tersebut menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Yandi Suyandi sebagai Kalapas yang selama ini sudah bekerjasama dengan Pemerintah Kota Probolinggo. Serta menyambut dengan baik Kalapas yang baru, Edi Mulyono dengan harapan mampu melanjutkan program yang sudah baik dan menjadikan lapas klas IIB lebih baik lagi. (malinda/humas) 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.