Pemkot Terima Kunjungan Tim Verifikasi Kota Sehat

image_pdfimage_print

MAYANGAN – Sebagai salah satu rangkaian program Kota Sehat, Pemerintah Kota Probolinggo menerima kunjungan Tim Verifikasi Kota Sehat tingkat Provinsi Tahun 2018, Kamis (13/9). Bertempat di ruang pertemuan Bappeda dan Litbang Kota Probolinggo, tim penilai tersebut diterima langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Probolinggo, Bambang Agus Suwignyo, Kepala Bappeda dan Litbang Rey Suwigtyo, Kepala Dinas Kesehatan Ninik Ira Wibawati beserta sejumlah kepala OPD Pemerintah Kota Probolinggo.

Dalam sambutannya, Sekda Bambang Agus menyampaikan bahwa program kota sehat merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mewujudkan suatu konsep kota yang bersih, aman, nyaman dan sehat, melalui pengembangan penataan tatanan kawasan yang dicapai secara harmonis apabila semua aspek sosial, ekonomi dan lingkungan serta budaya diperhatikan.

“Demikian pula dari segi tatanan kawasan, dari waktu ke waktu terus ditingkatkan. Untuk tahun ini Pemerintah Kota Probolinggo mengikutkan 7 tatanan kawasan,” ujar Sekda. Tujuh kawasan yang dimaksud antara lain tatanan kawasan permukiman, sarana dan prasarana sehat, tatanan kawasan kehidupan masyarakat sehat yang mandiri, tatanan kawasan tertib lalu lintas dan pelayanan transportasi, tatanan kawasan industri dan perkantoran sehat, tatanan kawasan ketahanan pangan dan gizi, tatanan kawasan kehidupan sosial yang sehat dan tatanan kawasan pariwisata yang sehat.

Untuk mewujudkan Kota Probolinggo sehat ini tidak lepas dari peran serta dan dukungan dari Forum Kota Probolinggo Sehat dan semua stakehoder terkait. Poin terpenting dalam hal ini adalah keterlibatan masyarakat dalam mewujudkan Kota Probolinggo sehat yang diawali dengan terwujudnya lingkungan dan perilaku hidup sehat.

“Dengan adanya verifikasi lapangan tingkat Provinsi ini, kami berharap mendapat masukan dan saran dalam upaya perbaikan di masing-masing titik pantau dan Kota Probolinggo secara umum, guna mempersiapkan diri untuk verifikasi lapangan tingkat nasional untuk mempertahankan penghargaan Swasti Saba Wistara yang diraih Kota Probolinggo,” harap Sekda.

Disisi lain, Edi Basuki Ketua tim Verifikasi Provinsi menyampaikan, program kota sehat bukan sebagai ajang perlombaan tapi untuk menata Kota sehingga akan terbentuknya kota yang bersih, aman, nyaman dan sehat. 

“Di lapangan nanti kami dari pihak Tim verifikasi Provinsi bukan sekedar menilai tapi akan membina dan memberi masukan di masing-masing titik pantau di Kota Probolinggo ini, sehingga kedepannya nanti bisa lebih meningkatkan dalam mengembangkan penataan kawasan,” ucap Edi Basuki. (soni/humas)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.