Pengolahan Produk Ikan Kota Probolinggo Dipelajari Kota Sibolga

image_pdfimage_print

KANIGARAN – Rabu (26/09), Pemerintah Kota Probolinggo menerima kunjungan kerja dari Pemerintah Kota Sibolga, Sumatra Utara. Bertempat di Puri Manggala Bhakti, Kantor Wali Kota Probolinggo, rombongan dari Pemerintah Kota Sibolga yang dipimpin oleh Asisten Ekonomi Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat, Hendra Darmalius diterima oleh Asisten Ekonomi dan Pembangunan Kota Probolinggo, Achmad Sudiyanto, dan Asisten Pemerintahan, Gogol Sudjarwo.

Dari pertemuan tersebut, diketahui bahwa Kota Sibolga memiliki kemiripan baik dari luasan wilayah maupun keragaman suku dengan Kota Probolinggo. “Kota Sibolga dibagi menjadi empat kecamatan dengan beragam etnis yang ada yakni Jawa, Nias, Minang, Aceh, Batak, bahkan Batak saja masih dibagi-bagi lagi menjadi Batak Mandailing, Batak Simalungun dan Batak lainnya,” ujar Hendra Darmalius. 

Hendra menambahkan, bahwa berdasarkan topografi Kota Sibolga yang langsung berhadapan dengan Samudra Hindia, secara tidak langsung tergantung pada aktivitas perikanan dan kelautan. “Sembilan puluh persen dari hasil laut tersebut kami kirim ke luar daerah dalam bentuk ikan segar, dan hanya sepuluh persen saja kami olah,” tambahnya. 

Kemiripan karakter dengan Kota Probolinggo ini menjadi alasan bagi Pemerintah Kota Sibolga untuk melihat atau mencontoh cara-cara mengelola Usaha Kecil Menengah (UKM) yang dapat mengolah hasil laut. “Kami melihat Kota Probolinggo mampu mendongkrak ekonomi kerakyatan melalui UKM. Untuk itu, saya berharap dapat melihat cara kerja dan melihat-lihat di sentra UKM baik UKM olahan maupun kerajinan,” pungkasnya.

Gogol Sudjarwo mengatakan, UKM di Kota Probolinggo memang sedang menggeliat. “Pemerintah Kota selama ini memberikan bantuan peralatan dan pelatihan tepat guna, sehingga merangsang masyarakat untuk membangun usaha mereka sendiri. Berbagai peralatan tersebut seperti alat iris bawang, alat pembersih duri, dan lainnya sebagainya. Pemerintah Kota juga memfasilitasi agar produk-produk UKM dapat masuk (dipasarkan) di toko-toko besar selain dijual di pusat-pusat oleh-oleh,” ujar Gogol. 

Gogol juga menjelaskan bahwa Pemerintah Kota Probolinggo juga menyelenggarakan event-event yang bertujuan untuk memamerkan/memperkenalkan produk UKM. “Kita menyelenggarakan Semipro, Seminggu di Kota Probolinggo, Semarak Pagi Kecamatan (SPK), dan juga Morning on Panglima Sudirman Street (MPS2),” katanya sambil menjelaskan satu-satu event tersebut.

Rombongan dari Pemkot Sibolga terlihat antusias mendengarkan penjelasan dari Asisten Pemerintahan, terlihat dari serunya mereka berdiskusi. Mereka pun mengharapkan dapat kembali lagi ke Kota Probolinggo untuk melakukan pemagangan di UKM yang diminati. 

Pertemuan tersebut juga dihadiri Kepala Dinas Perikanan Sudiman, Kepala DKUPP Gatot Wahyudi, Kepala Bagian Administrasi Perekonomian Wawan Soegyantono, serta beberapa Kepala OPD terkait._hariyantiagustina

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.