Wali Kota Sampaikan Zakat Untuk 1.167 Anak Yatim

image_pdfimage_print

MAYANGAN – Badan Amal Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Probolinggo menyalurkan bantuan untuk anak-anak yatim di Kota Probolinggo. Acara yang berisi dalam kegiatan Probolinggo Peduli Yatim tahun 2018 yang berlangsung di Gedung Islamic Center (GIC), pada Selasa (2/10). Pada kesempatan itu, sebanyak 1,167 anak yatim, yang tersebar di 4 kecamatan, yaitu kecamatan Kademangan, Kanigaran, Kedopok, dan Wonoasih menerima bantuan. 

Ketua BAZNAZ Kota Probolinggo, Hasan menjelaskan kegiatan tersebut merupakan bentuk dari terjemahan rukun Islam, yaitu rukun pemilihan untuk zakat. “Zakat ini untuk meringankan beban anak-anak yatim. Waktu ini adalah perintah agama, yaitu rukun Islam keempat. Anak-anak yatim ini akan menerima zakat berupa uang tunai sebesar Rp. 150.000 masing-masing anak yatim, ”ujarnya.

Wali Kota Rukmini berpesan agar anak-anak yatim di Kota Probolinggo bisa tetap semangat. “Meski kalian tidak memiliki orang tua yang lengkap, tapi kalian harus tetap sekolah dan harus pintar, agar menjadi anak harapan bangsa. Pemerintah Kota sudah mengalokasikan anggaran untuk pendidikan gratis selama 9 tahun (SD – SMP). Jadi saya harap tidak ada anak-anak yatim yang putus sekolah, ”harap Rukmini.  

“Manfaatkan dana yang sudah disediakan oleh Pemerintah Kota Probolinggo. Pendidikan 9 tahun itu wajib. Untuk orang tua pendamping, antarkan anak-anak di sekolah dan mengaji karena mereka masih membutuhkan bimbingan dan perhatian dari orang tua, ”tambah Rukmini.

Siang itu, Rukmini memberikan bantuan secara simbolis kepada 4 orang anak yatim. Bantuan dari zakat ini menghasilkan sebagian PNS (Pegawai Negeri Sipil) di lingkungan Pemerintah Kota Probolinggo yang rutin di potong setiap bulannya. Mita / Humas.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.