Gugus 8 Raih Juara Kasti

image_pdfimage_print

Belasan siswi gabungan SDN Sukoharjo dan SDN Kebonsari Wetan melompat kegirangan setelah peluit panjang dibunyikan wasit sebagai tanda berakhirnya pertandingan. Mereka yang tergabung dalam gugus 8 berhasil meraih kemenangan atas gugus 10 dalam pertandingan kasti yang digelar di Stadion Bayuangga, Rabu (26/8).

Pertandingan ini merupakan salah satu cabang olahraga tradisional yang digelar dalam rangka memeriahkan SEMIPRO 2015. Selain kasti, beberapa olahraga tradisional lainnya seperti egrang, hadang, dan terompa panjang juga digelar di tempat yang sama.

Kepala Dispobpar Kota Probolinggo Misbahul Munir menyatakan kegiatan ini bertujuan untuk melestarikan olahraga tradisional yang mulai punah di tengah teknologi gadget yang semakin berkembang. “(Kegiatan) Ini juga sebagai sarana rekreasi bagi adik-adik kita. Lihat saja, mereka tampak gembira mengikuti kegiatan ini,” ujar Munir.

Pertandingan kasti yang dimulai sejak Selasa (25/8) lalu diikuti oleh 20 gugus yang masing-masing merupakan gabungan dari beberapa SD/MI. Ketua Pelaksana Lomba Slamet Riyadi mengatakan pertandingan kasti kali ini dimainkan dalam dua babak. “Tiap babak 10 menit, istirahat 5 menit,” ujar Slamet. “Sebenarnya pertandingan ini dimainkan selama 2×20 menit. Tapi kasihan anak-anak, kemarin (25/8) saja mereka sudah main 3 kali sehari, sampai siang,” tambah Slamet.

Juara 1 hingga juara 4 pertandingan kasti berhak memperoleh trophy, piagam, dan uang pembinaan. “Namun hadiah tersebut baru diserahkan pada Haornas (Hari Olahraga Nasional) nanti di GOR Mastrip,” pungkas Slamet. (fien)

Leave a Reply

Your email address will not be published.