Galang Dana Untuk Bencana Palu

image_pdfimage_print

KANIGARAN – Indonesia berduka. Sejak Juli lalu, sejumlah daerah di Indonesia diguncang gempa yang telah banyak memakan korban jiwa. Setelah gempa Lombok yang terjadi pada 29 Juli lalu, Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah juga diguncang gempa dan tsunami. Menurut data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), gempa yang terjadi di Palu terjadi secara berurutan dengan kekuatan 5 – 7,7 SR. Tentunya, ini tidak hanya menjadi duka bagi warga Palu dan sekitarnya, namun juga menjadi duka bagi masyarakat Indonesia, termasuk masyarakat Kota Probolinggo.

Musibah yang telah menimpa Palu dan Donggala menggerakkan sejumlah relawan Probolinggo untuk memberikan sumbangsihnya kepada korban gempa. Sejumlah komunitas di Probolinggo yang tergabung dalam Masyarakat Relawan Probolinggo menggelar malam penggalangan dana yang bertajuk Malam Seni dan Budaya, Sabtu (13/10), di halaman Museum Probolinggo.

Tak hanya menampilkan pertunjukan musik, acara yang juga dihadiri oleh Asisten Pemerintahan Sekda Kota Probolinggo, Gogol Soedjarwo ini menggelar pelelangan foto dan ikan cupang. Hasil pelelangan itu juga akan diserahkan untuk meringankan beban korban gempa Palu.

Ketua Panitia, Muhammad Ansori menyatakan hasil penggalangan dana akan dikirimkan kepada KUN Humanity System +, lembaga kemanusiaan nonprofit yang saat ini telah mendirikan sejumlah rumah sakit darurat di Palu.

Ori, panggilan akrab Muhammad Ansori, mengungkapkan terima kasih kepada Pemerintah Kota Probolinggo dan stakeholder terkait atas segala dukungannya sehingga malam penggalangan dana bisa terlaksana dengan lancar. Ia menyebutkan bahwa acara ini merupakan salah satu bentuk kepedulian warga Probolinggo terhadap musibah yang menimpa warga Palu.

“Sedikitnya 33 komunitas tergabung dalam Masyarakat Relawan Probolinggo. Melalui acara ini, kami ingin menunjukkan bahwa Probolinggo juga peduli pada korban gempa Palu. Tak hanya melalui acara ini, kami juga akan menggalang dana dari kegiatan lain, nantinya dana tersebut kami kirimkan melalui KUN Humanity,” terang Ori.

Hingga acara ini selesai, dana yang telah terkumpul melalui penggalangan dana dan sejumlah pelelangan adalah Rp 14.778.800. Jumlah ini masih terus bertambah dengan sejumlah kegiatan lain yang akan digelar Masyarakat Relawan Probolinggo.(alfien/humas)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.